Menko Luhut Pastikan Tarif Gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sampai Pertengahan Oktober 2023

Menko Luhut Pastikan Tarif Gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sampai Pertengahan Oktober 2023

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan pastikan tarif gratis kereta cepat Whoosh Jakarta-Bandung sampai pertengahan Oktober 2023-Foto/Dok/Andrew Tito-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan pastikan tarif gratis kereta cepat "Whoosh" Jakarta-Bandung sampai pertengahan Oktober 2023.

Kereta cepat Whoosh kini resmi beroperasi setelah dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stasiun Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, 2 Oktober 2023.

Dalam peresmian tersebut beberapa menteri kabinet Indonesia Maju hadir menemani Jokowi, salah satunya Luhut.

BACA JUGA:Jokowi Umumkan Tarif Gratis Kereta Cepat 'Whoosh' Jakarta-Bandung, Berlaku Sampai Kapan?

Luhut menegaskan masyarakat yang mau naik kereta cepat Whoosh, tidak akan dipungut biaya hingga pertengahan Oktober mendatang.

"Berkat tingginya rasa penasaran masyarakat terhadap uji coba gratis kereta api cepat Jakarta-Bandung, maka kami sepakat hingga pertengahan Oktober, pengoperasian kereta api cepat Jakarta Bandung masih tidak digunakan biaya atau gratis," ujar Luhut saat peresmian Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur, Senin 2 Oktober 2023.

Luhut menegaskan saat ini Kereta Cepat Whoosh masih dalam tahap uji coba selama tiga pekan ke depan.

Hal tersebut, kata Luhut, untuk mengatahui segi keamanan kereta cepat sehingga perjalanan menjadi aman dan nyaman.

BACA JUGA:Tarif Kereta Cepat Whoosh Bakal Dipatok Rp 250 Ribu - Rp 350 Ribuan

Namun Luhut percaya diri, sistem keamanan kereta cepat Whoosh telah teruji.

"Kereta api cepat Jakarta-Bandung, tentunya semua berjalan dengan aman dan nyaman berkat kehandalan sistem yang telah teruji," ujarnya.

Diketahui Presiden Joko Widodo meresmikan secara langsung pengoperasian Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Kereta Cepat Halim.

Presiden, untuk nama "whoosh" terinspirasi dari suara saat Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sedang melaju.

BACA JUGA:Jokowi Resmikan Kereta Cepat, Jarak Tempuh Jakarta- Bandung 30 Menit!

"Kereta cepat ini kita namakan WHOOSH, W, H, OOSH, dibaca wusss. Ini diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini," ujar Jokowi saat memberikan sambutan di peresmian Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur, Senin 2 Oktober 2023.

Dalam sambutannya Jokowi juga menjelaskan bahwa Whoosh juga merupakan singkatan dari "waktu hemat operasi optimal sistem hebat" yang merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan juga pertama di Asia Tenggara dengan kecepatan mencapai 350 kilometer per jam yang ramah lingkungan.

Selanjutnya Presiden beserta rombongan, naik kereta nomor G5901 yang berangkat dari Stasiun Halim di Jakarta Timur menuju ke Stasiun Padalarang di Bandung Barat.

Saat peresmian, hadir juga Ibu Negara Iriana Jokowi dan sejumlah pejabat, yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama istri, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ketua MPR Bambang Susatyo, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi, Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin, MenterI PUPR Basuki Hadimuljono, Dirut KAI Didiek Hartantyo, Dirut KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, dan CEO Trans Media Chairul Tanjung.

Diketahui Kereta Cepat Whoosh yang dinaiki Presiden dan rombongan berangkat dari Stasiun Kereta Cepat Halim sekitar pukul 09.14 WIB dan sampai di Stasiun Kereta Cepat Padalarang sekitar pukul 09.40 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: