SYL Mengundurkan Diri, Jokowi Tunjuk Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi Jadi Plt Menteri Pertanian

SYL Mengundurkan Diri, Jokowi Tunjuk Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi Jadi Plt Menteri Pertanian

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian (Mentan) RI-tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian (Mentan) RI berdasarkan Keputusan Presiden nomor 92/P Tahun 2023 tanggal 6 Oktober 2023. 

Arief menggantikan posisi Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang mengundurkan diri beberapa hari lalu.

BACA JUGA:Kapolrestabes Semarang Terseret Kasus Dugaan Pemerasan Mentan Syahrul Yasin Limpo oleh Pimpinan KPK

Jokowi mengatakan penunjukan Arief dilakukan agar Kementerian Pertanian (Kementan) lebih koordinatif dan mudah dalam bekerja terutama dalam mengurusi persoalan pangan seperti koordinasi dengan Bulog, Badan Pangan Nasional, maupun Kementerian Perdagangan.

"Jadi untuk konsolidasi saja biar lebih memudahkan," ujar Jokowi dalam keterangan resminya, Sabtu 7 Oktober 2023.

Mendapat kepercayaan tersebut, Arief mengatakan sinergi dan kolaborasi merupakan kunci dalam membangun kekuatan di sektor pertanian dan pangan. 

BACA JUGA:Eks Penyidik KPK Yakini Firli Bahuri Lakukan Pemerasan Pada Mentan Syahrul Yasin Limpo: Seperti Hukum Rimba

Peran dan fungsi Kementerian Pertanian yang berfokus pada produksi pangan menjadi bagian penting dalam penguatan tata kelola pangan nasional. 

"Tentunya dengan penugasan dari Bapak Presiden sebagai Plt. Mentan ini kita berharap dapat mengakselerasi pembangunan pertanian yang semakin menguatkan peran dan fungsi Kementan yang berfokus pada peningkatan produksi pangan, daya saing pertanian, dan kesejahteraan petani,” tutur Arief. 

“Kementan sangat diharapkan masyarakat untuk dapat menggenjot produksi pangan nasional, sehingga strategi persiapan musim tanam pada November dan Desember mendatang perlu disiapkan segera, penting kita kaji dan bahas dengan seluruh stakeholder terkait. Selanjutnya kita siapkan dan laksanakan dengan sebaik-baiknya,” paparnya.

BACA JUGA:Isi Surat Ajuan Mentan Syahrul Yasin Limpo yang Minta Perlindungan LPSK

Sementara itu, menurut Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri, sejalan dengan arahan Presiden, Kementan memastikan layanan dan program kerja pertanian yang ada saat ini tetap berjalan dengan baik. 

Kuntoro mengatakan Kementan terus berupaya melanjutkan program peningkatan produksi dan kesejahteraan petani. 

Tantangan di tengah elnino cukup berat, dan Kementan akan terus bersama petani untuk menjaga produksi pangan nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: