Mengenal Motor 4 Silinder: Kelebihan dan Tips Membelinya

Mengenal Motor 4 Silinder: Kelebihan dan Tips Membelinya

Mengenal Motor 4 Silinder: Kelebihan dan Tips Membelinya---BukaReview

JAKARTA, DISWAY.ID - Motor 4 silinder merupakan salah satu jenis motor yang paling diminati oleh para pecinta otomotif. Motor ini memiliki performa yang mumpuni dan dapat memberikan sensasi berkendara yang berbeda dari motor 2 silinder.

Salah satu motor 4 silinder yang cukup populer di Indonesia adalah Kawasaki Ninja ZX-25R. Motor ini memiliki mesin berkapasitas 250cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 45 PS. Harga ZX-25R saat ini dibanderol sekitar Rp. 90 - 100 jutaan.

Sama seperti motor pada umumnya, motor dengan empat silinder juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang jadi ciri khasnya.

BACA JUGA:Sunmori MCMC: Belajar Berkeluarga Melalui Komunitas Motor Pasangan Suami-Istri

Kelebihan dan Kekurangan Motor 4 Silinder

Motor Kawasaki ZX-25R adalah motor yang memiliki 4 silinder, motor jenis ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri jika dibandingkan dengan motor jenis lainnya.

Salah satu kelebihan yang banyak dicari oleh para peminat motor adalah performa yang diberikan. Motor 4 tak atau 4 silinder sendiri memiliki kelebihan pada performanya. Performa ini membuat tarikan motor dengan 4 silinder jauh lebih kencang.

Dibekali dengan mesin 250 cc 4 silinder, motor ini dengan bangga menawarkan putaran yang jauh lebih superior. Inilah rahasia di balik kapasitasnya untuk menghasilkan tenaga yang jauh lebih dominan, melebihi mesin 250 cc dua silinder atau satu silinder standar.

BACA JUGA:Sering Disepelekan, Ini 9 Faktor Potensi Kecelakaan Bermotor yang Mesti Diperhatikan

Suara yang dihasilkan oleh motor dengan 4 silinder juga cenderung lebih halus dibandingkan dengan motor lainnya. Tapi ini bukan berarti motor dengan jumlah silinder di bawahnya tidak memiliki suara yang halus.

Namun, dibalik kelebihan pasti ada juga kekurangannya yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan. Karena motor 4 silinder biasanya masuk dalam kategori motor gede atau moge, maka harganya cenderung lebih mahal dibanding dengan motor biasa.

Salah satunya adalah harga ZX-25R yang harga barunya bisa mencapai Rp 100 jutaan lebih. Bahkan harga motor second nya pun tidak terlalu jauh bedanya, tergantung tipe dan tahun produksinya. Jika dibandingkan dengan motor 250cc 2 Silinder tentu harganya sangat jauh, sebagai contoh harga motor 250cc 2 Silinder seperti Honda CBR250RR, Kawasaki Ninja 250 SE ABS atau Yamaha R25 dibanderol dengan harga 60-70 Juta Rupiah, sangat jauh bedanya bukan apabila dibandingkan dengan 250cc 4 Silinder yang harganya diatas 100 Juta Rupiah?

BACA JUGA:Go Indonesia dan Motif Batik di Motor Alex Rins Saat MotoGP Mandalika 2023

Selain itu, perawatannya juga cenderung menguras dompet. Sebab, motor 4 silinder ini memerlukan banyak biaya untuk menservisnya karena jumlah busi yang lebih banyak, jumlah koil dan jumlah oli yang dikonsumsi juga lebih banyak, selain itu prosesnya juga harus dikerjakan oleh teknisi ahli, motor ini tidak bisa dipegang oleh mekanik motor biasa karena kompleksitas mesinnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: