Terungkap Alasan Ketua KPK Tak Penuhi Panggilan Hingga Dibantah Polisi

Terungkap Alasan Ketua KPK Tak Penuhi Panggilan Hingga Dibantah Polisi

Ketua KPK, Firli Bahuri dipastikan absen dalam pemanggilannya oleh Ditkrimsus PMJ dalam dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian.-Rafi Adhi Pratama-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri tidak penuhi panggilan penyidik Ditkrimsus Polda Metro Jaya (PMJ) pada Jumat 20 Oktober 2023.

Dikarenakan tak menghadiri pemeriksaan pertamanya itu, Firli Bahuri kembali dipanggil untuk kedua kalinya oleh penyidik dalam kasus dugaan pemerasan pada Selasa 24 Oktober 2023.

Terungkap, pihak Firli Bahuri absen memenuhi pemeriksaan kemarin, alasannya ada kegiatan lain.

BACA JUGA:Saut Situmorang Bocorkan Dugaan Pelanggaran Pimpinan KPK Dalam Pemeriksaan Ditreskrimsus PMJ

Alasan tersebut disampaikan Wakil Ketua KPK, Nuril Ghufron, bahwa pihaknya baru menerima surat pemanggilan pada Kamis 19 Oktober 2023.

"Di samping itu tentunya diperlukan waktu yang cukup bagi Ketua KPK untuk mempelajari materi pemeriksaan, mengingat panggilan baru diterima oleh Ketua KPK pada tanggal 19 Oktober 2023," ungkap Ghufron.

Jika alasan baru menerima surat pada 19 Oktober, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Metro Jaya membantahnya.

Sebab, pihak penyidik Ditkrimsus PMJ telah kirim surat pemanggilan pemeriksaan terhadap Ketua KPK Firli Bahuri pada 18 Oktober 2023.

BACA JUGA:Daftar Rangking FIFA Negara Asia Tenggara per Oktober 2023: Timnas Indonesia Menang 2 Leg dari Brunei Darussalam

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan, surat panggilan Ketua KPK Firli Bahuri tersebut telah diterima oleh staf KPK.

"Tanggal 18 Oktober sudah diterima staf di Kantor KPK RI dan ada tanda terimanya tertanggal 18 Oktober 2023," katanya kepada awak media, Jumat 20 Oktober 2023.

Pemeriksaan terhadap Ketua KPK Firli Bahuri sedianya dalam dugaan pemerasan kepada Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Foto pertemuan antara Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo di lapangan bulutangkis ditengarai akan menjadi materi pertanyaan dalam pemeriksaan.


Ketua KPK Firli Bahuri bertemu dengan Syahrul Yasin Limpo (SYL) di lapangan tenis. Foto ini menjadi salah satu materi dalam pemeriksaan terhadap Firli Bahuri terkait kasus dugaan pemerasan.-Twitter 'X'-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: