Ini 4 Eks Koruptor, Mantan Napi yang Maju Nyaleg Dapil Banten Pemilu 2024

Ini 4 Eks Koruptor, Mantan Napi yang Maju Nyaleg Dapil Banten Pemilu 2024

4 mantan napi korupsi tercatat sebagai DCT anggota Legislatif dapil Banten-Ilustrasi/eks napi/freepik-

Ia waktu itu adalah Ketua Panitia Barang dan Jasa Konsultasi Unit Sekretariat DPRD sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Aries merugikan negara Rp25,5 miliar atau setidak-tidaknya Rp9,1 miliar. Ia divonis 2 tahun dan denda Rp150 juta subsider 3 bulan.

Terakhir, Jhony Husban, mantan Pejabat Pembuat Komitmen pada Pembangunan Dermaga Trestle Kubangsari pada Pemerintah Kota Cilegon Tahun Anggaran 2010. Proyek pada perkara ini merugikan negara Rp 15,9 miliar.

KPU Banten menetapkan 1.333 orang dalam Daftar Calon Tetap (DCT) anggota legislatif pada Pemilu 2024

Dari jumlah itu, ada 4 caleg yang merupakan mantan narapidana korupsi dan 3 lainnya narapidana umum. Sehingga total ada 7 caleg yang merupakan mantan narapidana di Dapil Banten

"DCT ditetapkan sebanyak 1.333 calon yang tersebar di 12 daerah pemilihan pada 18 partai politik peserta Pemilu 2024. Rekap terpidana korupsi 4 orang, terpidana umum 3 orang," kata Mohamad Ihsan, Sabtu 4 November 2023. 

KPU Tangerang Selatan Coret 2 Bacaleg

Sementara di Tangerang Selatan, KPU menetapkan 700 bacaleg dalam daftar calon tetap (DCT) Kota Tangerang Selatan pada Pemilu 2024 mendatang. 

Jumlah tersebut berkurang dua dibanding dengan daftar calon sementara (DCS) yang berjumlah 702 bacaleg.

Komisioner KPU Tangerang Selatan, Ajat Sudrajat mengatakan, dua baceleg gugur sebab tidak memenuhi syarat. 

"Sebabnya, dua bacaleg tersebut terdaftar di dua partai politik," ucap Ajat, Sabtu 4 November 2023. 

Ia merinci, satu terdaftar di Partai Garuda dan Perindo, kemudian satu bacaleg lainnya terdaftar di PDI Perjuangan dan PSI. 

Kemudian, masing-masing bacaleg telah memilih Perindo dan PSI, sehingga total keseluruhan bacaleg yang ditetapkan dalam DCT berjumlah 700.

Selain itu, kata Ajat, terdapat pula parpol yang tidak mempunyai seorang pun bacaleg yang maju pada kintestasi Pemilu 2024 mendatang. 

"Saat masa DCS, Partai Garuda masih memiliki satu bacaleg, namun saat masa pencermatan bacaleg memilih Partai Perindo," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: