Elektabilitas Partai Politik Jelang Pemilu 2024: PDIP Masih Unggul, Gerindra dan Golkar Menyusul

Elektabilitas Partai Politik Jelang Pemilu 2024: PDIP Masih Unggul, Gerindra dan Golkar Menyusul

Elektabilitas partai politik peserta Pemilu 2024 sesuai hasil survei Populi Center.-ist-

Namun tidak demikian Partai Demokrat. Elektabilitas partai yang dipimpin AHY itu menjadi satu-satunya yang turun, yaitu dari 7,8% menjadi 4,8%.

Di kubu pengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Elektabilitas PPP relatif stabil yakni dari 3,5% di September menjadi 3,6% di November.

Sementara kubu pengusung Anies-Imin, PKS naik dari 5,1% menjadi 6,4%, dan PKB naik dari 7,8% menjadi 9,1%. NasDem turun dari 5,8% menjadi 4,8%.

BACA JUGA:KPK Diam-Diam Usut Dugaan Korupsi di Kemenkes, Tersangka Ditetapkan Terkait Kasus Pengadaan APD Covid-19 Senilai Rp3,03 T

BACA JUGA:Usai Respons Felix Siaw, Giliran Ustaz Derry Sulaiman Soroti Podcast Deddy Corbuzier dan Buya Arazzy Soal Palestina: Undang Bang Onim!

Survei Populi Center juga memotret partai-partai yang elektabilitasnya masih di bawah ambang batas atau parliamentary threshold. Hasilnya, elektabilitasnya relatif stabil.

Peningkatan elektabilitas secara signifikan terjadi untuk PSI.

Ditengarai, pergantian Ketua Umum PSI dari Giring Ganesha menjadi Kaesang Pangarep menjadi faktor peningkatan elektabilitas.

"Dari elektabilitasnya 0,5% pada September 2023 menjadi 2,3% di bulan November," ujar Hartanto.

Survei Populi Center terhadap elektabilitas partai politik peserta Pemilu 2024 tersebut digelar pada 29 Oktober-5 November 2023.

Sebanyak 1200 responden dipilih secara multistage random sampling dengan metode wawancara tatap muka dalam survei ini.

Sementara Margin of error kurang lebih 2,83% dan tingkat kepercayaan 95%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: