Budiman Sudjatmiko Sebut Prabowo Bakal Bangun 10 Kota Penunjang IKN Seperti Metaverse

Budiman Sudjatmiko Sebut Prabowo Bakal Bangun 10 Kota Penunjang IKN Seperti Metaverse

Budiman Sudjatmiko menjadi pembicara dalam acara Indonesia Digital Summit 2023 yang diselenggarakan APINDO, Selasa 28 November 2023.-Dok. APINDO-

BACA JUGA:RXT Token Perkenalkan Beta Version Game Metaverse Pertanian Berbasis Web3 Pertama di Dunia

BACA JUGA:Guru dan Tenaga Pendidikan Madrasah Mengenal Metaverse

Di Pulau Jawa, rencananya Jawa 1 akan menjadi pusat industri kecerdasan buatan atau Artificial Inteligence (AI) dan teknologi komputasi, Jawa 2 akan menitikberatkan pada industri perangkat mobile dan teknologi realitas virtual/augmented reality (VR/AR), dan Jawa 3 dijadwalkan sebagai pusat industri robotika dan kendaraan otonom.

Untuk mewujudkan hal itu, Budiman mengaku membutuhkan biaya ekstra besar dalam membangun pusat ekosistem digital. 

Masih dalam visi Prabowo-Gibran, wilayah Bali diproyeksikan menjadi pusat industri antarmuka komputer manusia dan media sosial. Provinsi Sulawesi akan fokus pada industri bioteknologi dan pertanian.

Sementara timur Indonesia yakni Maluku ditetapkan sebagai pusat industri penyimpanan energi. Wilayah Papua akan diproyeksikan menjadi pusat industri satelit dan konektivitas.

BACA JUGA:Beda Pendapat Cak Imin dan PKS: UU IKN Ingin Tetap Dilaksanakan

BACA JUGA:Jokowi: Belum Ada Investasi Asing yang Masuk IKN

Berdasarkan taksirannya, untuk proyek digital itu setidaknya membutuhkan investasi sebesar USD 557 juta. Untuk menjalankan investasi maha besar itu, Budiman menyebut Prabowo-Gibran akan mengusulkan pendekatan kolaboratif dengan para pemangku kepentingan, mencakup kekuatan otak komunitas, dana, dan dukungan pemerintah.

"Prabowo-Gibran menawarkan pendekatan kesiapan teknologi dan kesiapan pasarnya adalah kolaborasi dengan para pemangku kepentingan, inilah kolaborasinya, ada kekuatan otak komunitas, uang, dan pemerintah. Masing-masing ada hubungannya, kita bangun ekosistem," kata Budiman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: