Budiman Sudjatmiko Sebut Prabowo Bakal Bangun 10 Kota Penunjang IKN Seperti Metaverse

Budiman Sudjatmiko Sebut Prabowo Bakal Bangun 10 Kota Penunjang IKN Seperti Metaverse

Budiman Sudjatmiko menjadi pembicara dalam acara Indonesia Digital Summit 2023 yang diselenggarakan APINDO, Selasa 28 November 2023.-Dok. APINDO-

JAKARTA, DISWAY.ID - Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran memaparkan inovasi yang bakal dilakukan jagoannya jika terpilih menjadi presiden. 

Budiman menilai Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memiliki misi besar untuk menggenjot pertumbuhan digital Indonesia. 

BACA JUGA:Budiman Sudjatmiko yakin Prabowo akan Tampung Peran Strategis Desa dan Ahli Teknologi Jika Terpilih Menjadi Presiden

BACA JUGA:Ceritakan Perjuangan Saat Jadi Anggota DPR, Budiman Sudjatmiko Siap Galang Suara dari Desa untuk Kemenangan Prabowo-Gibran

Bahkan, inovasi Paslon nomor urut 2 itu akan mewujudkan 10 kota menjadi pusat inovasi nasional seperti metaverse.

Jika terpilih menjadi presiden, kata Budiman, Prabowo akan mendorong transformasi ini di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal itu dilakukan Prabowo-Gibran agar industri digital Indonesia segera bersaing secara global.

"Transformasi dimulai dari pergeseran wadah dari analog ke digital. Prabowo-Gibran berkomitmen membangun 10 kota inovatif sebagai respons terhadap tantangan perubahan budaya, mental, ideologi perusahaan, dan identitas," kata Budiman yang menjadi pembicara dalam acara Indonesia Digital Summit 2023 di Jakarta, Selasa 28 November 2023. 

Budiman menambahkan, permasalahan digitalisasi harus menjadi prioritas bagi tiap capres. Sebab, apabila lambat dipercepat, Indonesia terancam kehilangan relevansinya sebagai eksistensi bangsa di era digital. 

BACA JUGA:Perjalanan Karier Budiman Sudjatmiko, Pendiri PRD Hingga Dipecat PDI Perjuangan Gegara Dukung Prabowo

BACA JUGA:Budiman Sudjatmiko Legowo Dipecat PDIP

Bagi Budiman, IKN harus lebih dari sekadar pusat pemerintahan. Tetapi, kota baru itu harus diproyeksikan menjadi pusat ekosistem digital, ditunjang dengan 9 kota lainnya akan menjadi pusat industri dengan teknologi tinggi.

"Dengan konsep ini, sembilan kota akan berperan seperti sembilan planet, dan IKN menjadi pusat super hub dari ekosistem digital. Kami yakin ini dapat direalisasikan, mengingat potensi anak-anak bangsa yang mampu menciptakan inovasi seperti jantung buatan, otak buatan, dan riset pertanian di bulan," papar Budiman. 

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Budiman membeberkan bahwa rencana transformasi digital Prabowo-Gibran akan mendorong 10 kota sebagai bagian dari ekosistem digital. Sementara IKN di Kalimantan Timur akan menjadi pusat ekosistem digital. 

Rinciannya, Sumatera 1 akan menjadi kota industri untuk chips dan nanoteknologi, dan Sumatera 2 akan fokus pada industri Internet of Things (IoT) dan sensor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: