5 Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Penderita Hipertensi untuk Program Diet Rendah Garam

5 Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Penderita Hipertensi untuk Program Diet Rendah Garam

5 Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Penderita Hipertensi untuk Program Diet Rendah Garam-stockking-Freepik

Sumber utama natrium dalam makanan meliputi masakan yang dimasak di restoran, makanan olahan, dan garam meja yang ditambahkan saat makan. Menggantinya dengan alternatif rendah garam adalah solusi terbaik untuk hipertensi.

Melansir dari laman Sportskeeda, berikut beberapa makanan yang ideal dikonsumsi untuk tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:Cara Aman Konsumsi Daging Kambing bagi Penderita Hipertensi

1.) Yoghurt tanpa pemanis

Yogurt memberikan hasil tekanan darah yang positif bagi penderita hipertensi. Hal ini disebabkan oleh tingginya jumlah mineral kalsium, potasium, dan magnesium yang dianggap membantu mengatur tekanan darah.

Cara umum untuk mengonsumsi yogurt alami dan Yunani termasuk mencampurkannya dengan buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan untuk sarapan atau camilan sehat.

2.) buah beri

Buah beri kaya akan antosianin, yang merupakan bahan kimia antioksidan yang membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Ada kabar baik lainnya: buah beri rasanya enak. Anda bisa memakannya sebagai camilan sore yang manis atau menaburkannya di atas yogurt, sereal, atau oatmeal.

BACA JUGA:Penderita Hipertensi Akibat Rokok di Indonesia Meningkat

3.) Bit

Bit menyediakan oksida nitrat, senyawa yang membantu mengurangi tekanan darah. Cobalah bit sebagai lauk atau tambahkan mentah ke salad. Bit dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan hanya dalam beberapa jam setelah dikonsumsi.

Jus bit mentah dan bit matang efektif menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan. Biasanya jus bit mentah memiliki efek yang lebih besar.

4.) Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, kubis, dan sawi, menyediakan nitrat sehingga menurunkan tekanan darah. Mendapatkan jumlah sayuran yang dibutuhkan setiap hari lebih mudah jika Anda memakannya dengan cara yang berbeda. Tambahkan adas ke dalam sup, buat keripik kangkung yang dipanggang dalam oven, atau tumis bayam untuk membuat lauk yang beraroma.

5.) Pisang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: