Kamboja Belajar Pengelolaan Limbah Nuklir di BRIN

Kamboja Belajar Pengelolaan Limbah Nuklir di BRIN

Kamboja Belajar Pengelolaan Limbah Nuklir di BRIN-BRIN-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama International Atomic Energy Agency (IAEA) menyelenggarakan “Fellowship Program” bagi negara-negara anggota untuk melakukan pelatihan dan berbagi informasi serta pengalaman tentang ketenaganukliran.

Dua orang delegasi dari Kementerian Pertambangan dan Energi - Kamboja, Tiv Sothea dan Chak Vanthy berkesempatan mendapatkan pelatihan tentang penanganan bahan bakar nuklir dan limbah radioaktif di Indonesia yang dilaksanakan di Kawasan Sains dan Teknologi (KST) B.J. Habibie, Serpong, Tangerang Selatan.

BACA JUGA:BRIN: Seng dan Vitamin D Ampuh Atasi Masalah Sunting Anak di Indonesia!

Salah seorang anggota delegasi, Tiv Sothea mengaku bahwa dalam pelatihan yang diikutinya sejak 23 Oktober hingga 14 Desember 2023 ia mendapatkan banyak ilmu tentang pengelolaan dan pemanfaatan teknologi nuklir dan radiasi di berbagai bidang, khususnya dalam pengelolaan limbah radioaktif.

“Setelah kami mempelajari pengelolaan limbah radioaktif di Indonesia, kami dapat menghasilkan draft peraturan-peraturan pengelolaan limbah radioaktif serta keselamatan radiasi maupun keamanan sumber radioaktif dalam transportasi, untuk kami berlakukan di negara kami nantinya,” ujar Tiv dalam keterangannya, Kamis 14 Desember 2023 lalu.

Ia juga belajar mengidentifikasi kebutuhan Kamboja terkait pengelolaan limbah radioaktif, seperti bimbingan, fasilitas dan peralatan untuk diusulkan dalam laporan ke IAEA dan Ministry of Mines and Energy (MME) Cambodia.

BACA JUGA:Batas Usia Capres-Cawapres, Pusat Riset Politik BRIN : Putusan MK Janggal bahkan Cacat Hukum

“Kami juga telah mampu menangani identifikasi, pengolahan dan pengangkutan limbah radioaktif. Rencananya kami akan mengusulkan beberapa perangkat dan sumber standar untuk karakterisasi sumber radioaktif,” tuturnya.

Selain itu Tiv juga akan mengusulkan beberapa hal penting lainnya untuk diaplikasikan di Kamboja. 

“Seperti pengelolaan limbah radioaktif terpusat dengan mempertimbangkan kriteria yang relevan, program pelatihan untuk pekerja radiasi, petugas proteksi radiasi serta petugas pengamanan bahan nuklir dan radioaktif,” ungkapnya.

Menurutnya pengetahuan dan pengalaman dalam pelatihan ini akan berkontribusi dalam membangun Kamboja dalam penggunaan teknologi nuklir dan radiasi secara damai untuk saat ini maupun di masa depan.

BACA JUGA:BRIN Perkirakan Puncak Kemarau Terik di Indonesia Terjadi Oktober 2023

Koordinator Pelaksana Fungsi Keselamatan Instalasi Pengelolaan Limbah Radioaktif (IPLR) - Direktorat Pengelolaan Fasilitas Ketenaganukliran (DPFK) BRIN, Mochamad Romli selaku Supervisor in Training menjelaskan bahwa ada dua hal yang menjadi pokok utama yang telah dilakukan dalam program ini.

“Yang pertama, peserta melakukan kunjungan operasional pengelolaan limbah radioaktif fasilitas untuk memahami keilmuan, teknis, administrasi dan manajerial kegiatan untuk mengoperasikan pengelolaan limbah radioaktif yang aman dan terjamin,” jelas Romli dalam keterangannya dikutip dari laman BRIN di Jakarta, Minggu 17 Desember 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: