Ini 5 Bahan Alami yang Ampuh Sembuhkan Penyakit Kutu Air di Kaki

Ini 5 Bahan Alami yang Ampuh Sembuhkan Penyakit Kutu Air di Kaki

Ini 5 Bahan Alami yang Ampuh Sembuhkan Penyakit Kutu Air-@imani_bht-Unsplash

BACA JUGA:Tips 4 Poin Penting Dalam Membeli Mobil Listrik

2. Mandikan kaki dengan teh

Merendam kaki dalam teh juga dapat meringankan gejala kutu air.

Sebuah uji klinis kecil pada tahun 2013 menemukan bahwa merendam kaki selama 12 minggu yang mengandung polifenol teh hijau – mikronutrien yang ditemukan dalam makanan nabati – memperbaiki gejala kutu air pada pasien lanjut usia dibandingkan dengan plasebo.

Teh hitam juga dapat meringankan gejala penyakit kutu air, terutama bau badan, karena adanya jenis polifenol tertentu yang disebut tanin.

“Tanin yang ada dalam teh hitam membantu mengatasi bau kaki,” kata Galante.

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kepala di Tengah Musim Hujan, Cegah Ketombe Datang!

3. Taburkan tepung maizena pada jari kaki

Tepung maizena, bahan dapur umum yang terbuat dari jagung, juga dapat mengobati penyakit kutu air dengan menyerap kelembapan berlebih dari kaki, kata Galante. Itu karena menjaga kaki tetap kering dapat mencegah penyebaran infeksi jamur ini.

Jika Anda tidak memiliki tepung maizena, Anda dapat mencoba bedak kaki yang dijual di toko obat seperti Dr. Scholl's, yang juga dapat membantu, kata Jon Sherman, DPM, ahli bedah kaki bersertifikat dan rekan di American College of Foot and Ankle Surgeons.

4. Disinfeksi sepatu

Karena penyakit kutu air sangat menular, penting untuk mendisinfeksi barang-barang yang mungkin mengandung jamur, kata Sherman. Untuk mencegah infeksi ulang, ada baiknya untuk selalu mendisinfeksi sepatu Anda.

Salah satu cara untuk mendisinfeksi alas kaki Anda adalah dengan sinar ultraviolet-C (UVC), yang beberapa di antaranya dapat membunuh virus, kuman, dan jamur dalam 15 menit, kata Sherman. Ini dapat dibeli di toko rumah atau kantor ahli penyakit kaki.

BACA JUGA:Tips Belanja Online Agar Terhindar dari Penipuan, Lakukan Cara Ini Demi Tak Ditipu

Pilihan lainnya adalah menyemprot sepatu Anda dengan semprotan disinfektan, seperti Lysol. Ini bisa dilakukan seminggu sekali selama sebulan dan sebulan sekali setelahnya, kata Galante. “Anda ingin mengurangi segala jenis patogen atau spora jamur yang dapat hidup di dalam sepatu Anda.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: