Desember 2023, Bandara Soekarno-Hatta jadi Bandar Udara Tersibuk di Asia Tenggara

Desember 2023, Bandara Soekarno-Hatta jadi Bandar Udara Tersibuk di Asia Tenggara

Menhub Budi Karya Sumadi di operation room bandara Soekarno-Hatta, Minggu, 25 Desember 2023-Kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Bandara Soekarno-Hatta yang dikelola PT Angkasa Pura II pada periode Desember 2023 menjadi bandar udara tersibuk di Asia Tenggara.

Di samping itu, pada sepanjang 2023 ini bahwa Bandara Soekarno-Hatta juga melayani dua rute penerbangan tersibuk di dunia. 

Catatan tersebut berdasarkan data OAG Aviation Worldwide Limited, lembaga travel intelijen berbasis di London.

BACA JUGA:Pengamanan Area Check In di Bandara Soekarno-Hatta Dipertebal Selama Nataru 2023/2024

Disebutkannya, terkait dua rute di Bandara Soekarno-Hatta yang masuk dalam daftar rute tersibuk di dunia adalah Jakarta - Singapura di peringkat 6 dalam Top 10 Busiest Global International Flight Routes of 2023, dan Jakarta - Denpasar di peringkat 10 dalam Top 10 Busiest Global Domestic Flight Routes of 2023. 

OAG mencatat jumlah kursi penumpang pesawat pada rute Jakarta - Singapura sepanjang tahun lalu sebanyak 3,91 juta kursi, sementara rute Jakarta - Denpasar sebanyak 7,91 juta kursi.

Demikian itu seiring lalu lintas penerbangan di bandara-bandara AP II termasuk di Bandara Soekarno-Hatta terus meningkat pasca-pandemi COVID-19. 

BACA JUGA:4.000 Petugas Dikerahkan Layani Penumpang Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta Selama Nataru 2023/2024

“Berkat kolaborasi yang baik antara AP II dan seluruh stakeholder yakni maskapai, AirNav Indonesia, ground handling, TNI, Polri, imigrasi, bea cukai, karantina serta didukung Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan, Bandara Soekarno-Hatta mampu mengelola dengan baik pertumbuhan permintaan penerbangan dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," ungkap Plt. Direktur Utama AP II Wendo Asrul Rose.

Menurutnga, kolaborasi yang baik ini kemudian juga berdampak positif di mana dua rute yakni Jakarta - Denpasar dan Jakarta - Singapura menjadi yang tersibuk di dunia.

"Ini juga menandakan Bandara Soekarno-Hatta mampu mendukung semakin bergeliatnya perekonomian dan pariwisata di Indonesia,” ujar Wendo Asrul Rose. 

BACA JUGA:29.002 Pengunjung Padati Ragunan, Bakal Terus Bertambah Selama Nataru

Adapun rute Jakarta - Denpasar dan Jakarta - Singapura juga menjadi rute paling sibuk selama angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

Selama 4 hari pelaksanaan angkutan Nataru, atau pada 18 Desember - 21 Desember 2023, jumlah penumpang di rute Jakarta - Denpasar mencapai 101.723 orang dan di rute Jakarta - Singapura sebanyak 60.181 orang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: