Kemendag Minta Klarifikasi Soal Skandal Keselamatan Daihatsu ke PT ADM

Kemendag Minta Klarifikasi Soal Skandal Keselamatan Daihatsu ke PT ADM

Sederet Mobil Daihatsu yang Populer di Indonesia: Sejarah dari Generasi ke Generasi---Dok. Daihatsu

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) bertemu PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk meminta klarifikasi terkait maraknya pemberitaan dugaan skandal uji keselamatan kendaraan merek Daihatsu.

Pertemuan tersebut menegaskan komitmen Kementerian Perdagangan dalam perlindungan konsumen. Pertemuan diadakan di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, kemarin, Jumat 29 Desember 2023.

BACA JUGA:Daihatsu Akui Adanya Kecurangan: Kami Akan Lakukan Reformasi Besar-besaran

“Kementerian Perdagangan meminta klarifikasi PT ADM terkait maraknya pemberitaan dugaan skandal uji keselamatan kendaraan Daihatsu. Kementerian Perdagangan juga meminta PT ADM lebih memperhatikan kendaraan bermotor yang diproduksi dan di pasarkan di Indonesia agar aman digunakan oleh konsumen Indonesia," ujar Direktur Jenderal PKTN Moga Simatupang. 

"Sebagai ketegasan pemerintah dalam perlindungan konsumen, Kementerian Perdagangan akan terus melakukan pembinaan kepada pelaku usaha akan pentingnya keamanan dan keselamatan produk yang diperdagangkan, ”jelasnya.

BACA JUGA:Laporan Kecurangan Daihatsu Jatuhkan Saham Astra

Moga menyatakan, Ditjen PKTN berwenang memastikan terpenuhinya kewajiban pelaku usaha terhadap keselamatan konsumen atas barang yang diperdagangkan di Indonesia. 

Dalam hal ini, kendaraan bermotor yang dipasarkan PTADM berkaitan erat dengan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan konsumen.

“Sembari menunggu hasil uji pencuplikan (sampling) yang akan di lakukan Kementerian Perhubungan, konsumen diharapkan tetap tenang dan menggunakan kendaraannya seperti biasa," ungkap Moga.

BACA JUGA:Terungkap Skandal Kecurangan Daihatsu, Ada di Model Toyota Produksi Indonesia

"Kementerian Perdagangan dan pemangku kepentingan lainnya akan terus berupaya menegakkan perlindungan konsumen, ” tambahnya.

Sementara itu, Executive Officer, Corporate Function Directorate PT ADM Johan memastikan, semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan serta memenuhi regulasi yang berlaku di Indonesia. 

Selain itu, pengiriman domestik sudah dilakukan mulai 22 Desember 2023. Kemudian, PT ADM juga telah kembali melakukan pengiriman secara normal mulai 26 Desember 2023 ke lebih dari 60 negara tujuan ekspor yang telah memberikan konfirmasi karena telah di setujui otoritas negara tujuan ekspor.

BACA JUGA:Sederet Mobil Daihatsu yang Populer di Indonesia: Sejarah dari Generasi ke Generasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: