7 Prodi Sepi Peminat di Undip sebagai Acuan Jalur Rapor SNBP 2024

7 Prodi Sepi Peminat di Undip sebagai Acuan Jalur Rapor SNBP 2024

Prodi sepi peminat di Undip-Prodi paling sepi peminat di Undip-Undip

JAKARTA, DISWAY.ID - Prodi sepi peminat di Undip menarik untuk disimak.

 

Kamu berminat ikut Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 melalui jalur rapor atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)? Jika pilihan kampus kamu Universitas Diponegoro (Undip), maka kamu harus pandai mengatur strategi. 

 

Agar lolos Perguruan Tinggi Negeri (PTN), maka seorang calon mahasiswa harus mengatur strategi dengan memilih program studi atau jurusan kuliah yang sepi peminat. Jika terlalu banyak peminatnya, maka peluang masuk juga sulit. 

BACA JUGA:Prodi Jurnalistik FDIKom UIN: Kampus Jadi Ruang Rentan Kekerasan Berbasis Gender

Dikutip dari laman resmi Yayasan Pendidikan Indonesia (YPI), Kamis 4 Januari 2024, maka ada beberapa jurusan kuliah atau prodi yang sepi peminat. Ada sejumlah alasan mengapa sepi peminat, di antaranya kurangnya informasi, sulitnya peluang kerja, atau biaya kuliah yang tinggi. 

 

7 Prodi Sepi Peminat di Undip

 

1. Teknik Kimia

Jurusan Teknik Kimia merupakan salah satu jurusan yang sepi peminat di Undip. Padahal, jurusan ini menawarkan banyak peluang karir di industri yang semakin berkembang. Jurusan ini menawarkan kurikulum yang berfokus pada pengolahan bahan mentah menjadi produk akhir yang siap dijual ke pasar. Lulusan Teknik Kimia dapat bekerja di berbagai industri seperti minyak, gas, farmasi, dan makanan. 

 

2. Teknik Metalurgi

Jurusan Teknik Metalurgi juga termasuk dalam daftar jurusan yang sepi peminat di Undip. Padahal, jurusan ini menawarkan banyak peluang karir di berbagai industri seperti logam, baja, dan pengecoran. Jurusan ini fokus pada proses produksi logam dan material lainnya, mulai dari pengambilan bahan mentah hingga menjadi produk akhir yang siap dijual.

 

3. Teknik Pertambangan

Jurusan Teknik Pertambangan merupakan salah satu jurusan teknik yang juga sepi peminat di Undip. Padahal, jurusan ini menawarkan banyak peluang karir di industri pertambangan dan energi. Teknik Pertambangan berkaitan dengan ekstraksi mineral dan batubara, serta proses pengolahan dan pemurnian hasil tambang.

BACA JUGA:Top! 18 Prodi UIN Sunan Kalijaga Raih Akreditasi Internasional FIBAA, Berikut Daftarnya

4. Arsitektur

Jurusan Arsitektur di Undip juga tergolong jurusan yang sepi peminat. Padahal, Arsitektur adalah bidang yang memadukan seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan dalam merancang bangunan dan ruang publik yang estetis dan fungsional.

 

5. Biologi

Jurusan Biologi di Undip juga termasuk dalam jurusan yang sepi peminat. Padahal, Biologi adalah bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang makhluk hidup dan interaksi mereka dengan lingkungan sekitar.

 

6. Ilmu Sejarah

Ilmu sejarah juga menjadi salah satu jurusan sepi peminat di Undip. Lulusan jurusan Ilmu Sejarah dapat bekerja sebagai peneliti, dosen, atau guru.

 

7. Ekonomi Islam

 

Ekonomi islam juga masih sepi peminat di Undip. Lulusan jurusan Ekonomi Islam dapat bekerja sebagai konsultan ekonomi, akademisi, atau pengusaha.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: website