Penelitian Ungkap Alasan Seseorang Semangat Ikut Gym saat Awal Tahun Baru

Penelitian Ungkap Alasan Seseorang Semangat Ikut Gym saat Awal Tahun Baru

Gym-Gym dan Fitness jadi resolusi tahun baru-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Gym dan fitness menjadi salah satu daftar dalam resolusi sehat 2024. Awalnya niat, semangat, namun lama kelamaan semangat kembali loyo.

 

Pada tahun 2020, sebuah penelitian di AS yang mencakup 1.700 orang menemukan bahwa orang-orang yang mengikuti tren tahun baru ingin konsisten ikut program kebugaran, ternyata memang lebih konsisten dilakukan di awal tahun. Kelompok ini mencakup mereka yang datang ke gym sebagai bagian dari resolusi tahunan mereka sehubungan dengan musim liburan yang berlebihan.

BACA JUGA:5 Latihan yang Harus Dihindari Saat Ngegym karena Bisa Berakibat Fatal!

Mereka yang mengikuti gym selama musim dingin hanya pergi ke gym rata-rata 2,9 kali setiap bulannya. Hal ini dibandingkan dengan mereka yang memulainya pada musim semi atau musim gugur dan pergi ke gym rata-rata 4,5 kali setiap bulannya.

 

Para peneliti juga menemukan bahwa hanya sekitar seperlima dari orang-orang ini yang menindaklanjuti tujuan kebugaran mereka selama lebih dari setahun setelah mendaftar di gym. Selain itu, waktu komitmen untuk tetap semangat biasanya akan berkurang drastis antara dua bulan pertama.



Matthew Rand, peneliti utama studi tersebut, yang berasal dari Universitas Sheffield, mencatat bahwa mereka dapat melihat bahwa beberapa orang, meskipun telah membuat keputusan untuk menjadi lebih bugar di awal tahun,  tetap membayar meski tidak pergi ke gym. Dr Rand menjelaskan bahwa ada pesan yang kuat pada waktu tertentu dalam setahun.

 

“Tren "awal yang baru" dan "saya yang baru" dapat mendorong orang untuk menjadi anggota gym. Yang penting daftar dulu,” katanya seperti dilansir dari Science Times, Jumat 5 Januari 2024. 

BACA JUGA:Gak Perlu Ngegym Mahal-mahal, 5 Kebiasaan Minum Ini Bisa Bikin Perut Rata, Buruan Coba!

Namun, motivasi yang berakar pada sentimen awal tahun dan tekanan sosial tidak cukup kuat dibandingkan dengan motivasi mereka yang memulai pada waktu yang berbeda dalam satu tahun. Rand menambahkan bahwa beberapa orang mungkin kehilangan semangat untuk pergi ke gym setelah bulan Januari berakhir. 

 

Idealnya, seseorang ingin pergi ke gym sebagai bagian dari sesuatu yang biasa mereka lakukan pada hari dan waktu tertentu. Mengulangi aktivitas tersebut pada saat yang sama dapat membuat latihan tersebut menjadi lebih biasa, sehingga lebih besar kemungkinannya bagi orang tersebut untuk menaatinya. Hal ini, kemudian, menjadikannya perilaku otomatis dan kebiasaan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: website