Penjelasan KAI Daop II Bandung Soal Kecelakaan di Cicalengka: KA Turangga Mestinya Melintas Lebih Dulu, Lalu Commuterline Baraya

Penjelasan KAI Daop II Bandung Soal Kecelakaan di Cicalengka: KA Turangga Mestinya Melintas Lebih Dulu, Lalu Commuterline Baraya

Unit Crane penolong sedang melakukan proses evakuasi pada bangkai kereta Turangga dan Bandung Raya yang bertabrakan di Cikuray, Cicalengka, Jawa Barat pada Jumat pagi-Kemenhub-

BANDUNG, DISWAY.ID - Penyebab kecelakaan kereta api di Jalur Selatan tepatnya di perlintasan Haurpugur, Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat antara Kereta Api Turangga dan Commuterline Baraya, Jumat 5 Januari 2024 masih diselidiki. 

PT KAI Daop 2 Bandung menjelaskan perihal jadwal KA Turangga melintas di stasiun Haurpugur sudah melintas sesuai sop. 

BACA JUGA:Tangis Haru Selimuti Pemakaman Pramugara KA Turangga, Tinggalkan Anak Kedua yang Berusia 17 Hari

BACA JUGA:Korban Tabrakan KA Turangga dan KA Bandung Raya Bertambah, Sebagian Sudah Pulang

Manager Humas Daop 2 Bandung, Ayep Hanafi mengatakan, KA Turangga berangkat dari Stasiun Gubeng Surabaya pada pukul 20.00 WIB. Kereta itu kemudian tiba di Stasiun Cicalengka pada pukul 05.59 WIB dari jadwal semula tiba di Stasiun Cicalengka pada pukul 05.50 WIB.

"Dari Stasiun Surabaya Gubeng jam 20.00 WIB lewat Cicalengka 05.50 WIB sementara tadi lewat Stasiun Cicalengka 05.59 WIB. Telat 9 menit," saat dikonfirmasi, Sabtu 6 Januari 2024.

Ayep menjelaskan, KA Commuterline Bandung Raya dijadwalkan berangkat dari Stasiun Padalarang pada pukul 04.25 WIB dan tiba pada pukul 06.02 WIB di Stasiun Cicalengka. Namun, saat insiden kecelakaan kemarin terjadi keterlambatan perjalanan KA Commuterline. 

Kereta tersebut mestinya menunggu terlebih dahulu di Stasiun Haurpugur sebelum melanjutkan perjalanan ke Stasiun Cicalengka atau menunggu sampai KA Turangga tiba di Stasiun Haurpugur.

BACA JUGA:Seluruh Korban Kecelakaan KA Turangga dan KA Bandung Raya Berhasil Dievakuasi, Berikut Daftar Penumpang

BACA JUGA:Empat Korban Kecelakaan KA Turangga dan KA Commuterline Bandung Raya Berhasil Dievakuasi, Dirawat di RSUD Cicalengka

"Kalau melihat dari (jadwal KA Turangga) Cicalengka kan melewat 05.50 WIB, harusnya kemungkinan Turangga dulu yang harusnya melintas, karena dari Cicalengka di jadwal itu KA Turangga 05.50 WIB sementara KA Commuterline masuk ke Cicalengka 06.02 WIB," paparnya. 

Diberitakan sebelumnya, KA Turangga yang berisi 287 penumpang yang berangkat dari Stasiun Surabaya Gubernur menabrak KA Commuterline yang berisi 191 penumpang. 

Tabrakan adu banteng itu terjadi di perlintasan antara Cicalengka dan Haurpugur, Kabupaten Bandung. Akibat kejadian tersebut, sejumlah penumpang terluka dan langsung dilarikan ke rumah sakit. 

BACA JUGA:KAI Refund 100 Persen Pengguna Kereta Terdampak Tabrakan KA Turangga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: