Pelaksanaan Peringatan HUT ke-79 RI di IKN Mulai Disiapkan Pihak Istana

Pelaksanaan Peringatan HUT ke-79 RI di IKN Mulai Disiapkan Pihak Istana

Proyeksi tampilan fasad burung garuda di Istana Kepresidenan IKN Nusantara. fasad garuda disusun oleh lebih dari 4 ribuan bilah-Kemenparekraf-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kementerian Sekretariat Negara mulai persiapan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama menyampaikan bahwa seluruh pihak berkomitmen untuk dapat memperingati puncak bulan kemerdekaan Indonesia di ibu kota baru tersebut.

BACA JUGA:Hujan Deras Semalam Sebabkan Genangan Air di Jakarta, Ini Titiknya

“Kami dipimpin Pak Kasetpres tadi dengan semua kementerian, lembaga, kemudian dari TNI dan Polri, melakukan rapat pertama, rapat besar pertama untuk persiapan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 yang akan dilakukan di Ibu Kota Negara Nusantara, itu yang pertama kalinya,” ujar Setya Utama dalam keterangannya, Selasa, 9 Januari 2024.

Setya Utama menuturkan bahwa dalam pertemuan tersebut telah didiskusikan sejumlah hal yang menjadi perhatian untuk kesiapan penyelenggaraan HUT ke-79 RI tersebut. 

Setya Utama menilai bahwa persiapan tersebut harus dibahas sesegera mungkin.

BACA JUGA:Otorita IKN Sebut 23 Investor Sudah lakukan Groundbreaking di tahun 2023

“Kita punya waktu delapan bulan, dan biasanya memang di Jakarta pun di Istana Negara Jakarta pun kita laksanakan persiapan jauh-jauh hari, nah untuk IKN kita mulai dari Januari ini,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan bahwa di dalam pertemuan, dirinya meminta setiap bidang dalam pelaksanaan HUT RI tersebut agar dapat segera melakukan pembahasan persiapan masing-masing bidang sesuai dengan kondisi IKN.

“Saya minta perbidang, ada bidang komunikasi, bidang upacara, bidang sarana prasarana, infrastruktur untuk segera mereka bidang-bidang itu merapatkan, membahas sesuai dengan bidangnya, dan tentunya membahas terkini yang disesuaikan dengan kondisi IKN pada saat nanti bulan Agustus,” jelasnya.

BACA JUGA:Proyek IKN Sudah Habiskan 26,7 Triliun, Sudah Jadi Apa Saja?

Selain itu, Heru juga meminta kepada Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk segera menyiapkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) lebih cepat dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. 

Lebih lanjut, Heru pun meminta agar proses latihan pasukan tersebut agar dapat dimulai dengan segera.

“Paskibra yang biasanya itu baru terbentuk itu sekitar bulan Mei, saya minta lebih cepat lagi, termasuk pasukan inti sudah mulai dibentuk dari TNI kalau bisa mulai Maret sudah ada, sehingga latihannya sudah sedini mungkin.,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: