Serangan Drone di Pangkalan AS Tower 22 Habisi 3 Tentara dan 34 Lainnya Terluka, Begini Respon Iran

Serangan Drone di Pangkalan AS Tower 22 Habisi 3 Tentara dan 34 Lainnya Terluka, Begini Respon Iran

Serangan Drone di Pangkalan AS Tower 22 Habisi 3 Tentara dan 34 Lainnya Terluka, Begini Respon Iran-Screenshoot/YouTube-

Serangan tersebut merupakan eskalasi besar dari situasi yang sudah tegang di Timur Tengah, di mana perang pecah di Gaza setelah serangan kelompok Islam Palestina Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober yang menewaskan 1.200 orang. 

BACA JUGA:Kronologi Skandal Gratifikasi Seret Ibu Negara Korsel, Terciduk Terima Tas Dior

BACA JUGA:Memanas! 30 Pesawat Tempur dan Kapal Perang Menuju Taiwan, Setelah Pembicaraan AS-Tiongkok

Serangan Israel selanjutnya di Gaza telah menewaskan lebih dari 26.000 warga Palestina, menurut kementerian kesehatan setempat.

Sejak itu, pasukan AS telah diserang lebih dari 150 kali oleh kelompok yang didukung Iran di Irak dan Suriah, menyebabkan sedikitnya 70 korban jiwa sebelum serangan hari Minggu yang sebagian besar dari mereka mengalami cedera otak traumatis. 

Kapal perang AS juga telah ditembaki oleh pasukan Houthi yang didukung Iran di Yaman, yang secara teratur menyerang kapal-kapal komersial yang melewati perairan Laut Merah di lepas pantai Yaman.

Meskipun Amerika Serikat sejauh ini mempertahankan pernyataan resmi bahwa Washington tidak berperang di wilayah tersebut.

Amerika Serikat telah melakukan pembalasan terhadap kelompok-kelompok yang didukung Iran di Irak dan Suriah dan melakukan serangan terhadap kemampuan militer Houthi di Yaman.

BACA JUGA:Perusahaan Pelayaran Takut Lewat Laut Merah Pasca Penembakan Kapal Tanker Inggris oleh Houthi

BACA JUGA:Kapal Tanker Minyak Marlin Luanda Terbakar di Teluk Aden Terkena Rudal Houthi Yaman

“ Kami akan meneruskan komitmen mereka untuk memerangi terorisme. Dan kami yakin akan meminta pertanggungjawaban semua pihak yang bertanggung jawab pada waktu dan cara yang kami pilih,” kata Biden dalam pernyataannya yang dirilis Gedung Putih.

Sementara itu penentang Biden dari Partai Republik memanfaatkan serangan itu sebagai bukti kegagalan presiden dari Partai Demokrat tersebut dalam menghadapi Iran ketika proksinya menyerang pasukan AS di seluruh wilayah.

“ Satu-satunya jawaban atas serangan-serangan ini adalah pembalasan militer yang dahsyat terhadap pasukan teroris Iran. Jika tidak, maka hal ini akan menegaskan Joe Biden sebagai seorang pengecut,” kata Senator Partai Republik Tom Cotton dalam sebuah pernyataan.

Seorang pejabat senior kelompok militan Palestina Hamas yang didukung Iran, Sami Abu Zuhri, secara langsung mengaitkan serangan itu dengan agresi Israel di Gaza.

BACA JUGA:8 Lokasi Penting Houthi di Yaman Dibombardir Pasukan AS-Inggris

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: