Agak Lain, Gegara Kawat Kasur Dibuang Sembarangan Bikin KRL Stuck di Stasiun Pondok Ranji dan Ganggu Puluhan Jadwal Perjalanan

Agak Lain, Gegara Kawat Kasur Dibuang Sembarangan Bikin KRL Stuck di Stasiun Pondok Ranji dan Ganggu Puluhan Jadwal Perjalanan

Petugas melakukan sterilisasi benda berupa kawat kasur spring bed yang menyangkut di KRL 1772 Rute Tanah Abang-Rangkasbitung yang membuat kereta terhenti di Stasiun Pondok Ranji, Tangerang Selatan, Selasa 30 Januari 2024-Netizen, Fadil for Disway.id-

BACA JUGA:KRL Jabodetabek Prediksi Angkut 1.2 Juta Penumpang per Hari di 2024

Hingga saat ini, belum diketahui dari mana asalnya kasur spring bed tersebut hingga bisa tersangkut di bawah rangkaian KRL. Diduga ada warga yang sengaja membuang kasur ke tengah rel hingga membuat jadwal perjalanan KRL terganggu. 

Atas insiden ini, KAI Commuter sangat menyayangkan atas kejadian tersebut. KCI menegaskan, sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, dinyatakan bahwa setiap orang dilarang berada di ruang manfaat jalur kereta api, menyeret, menggerakkan, meletakkan, atau memindahkan barang di atas rel atau melintasi jalur kereta api, ataupun menggunakan jalur kereta api untuk kepentingan lain, selain untuk angkutan kereta api.

Sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2007, Pelanggaran atas hal tersebut juga bisa kena denda sebesar Rp 15 juta. Untuk itu KAI Commuter mengajak masyarakat khususnya yang berada disepanjang jalur rel untuk menjaga bersama-sama keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api, khususnya perjalanan Commuter Line.

BACA JUGA:Viral! Emak-Emak Catwalk di Gerbong KRL, Netizen: Kayaknya Pada Pegang Duit Nieh, Boleh Pinjam Seratus!

KAI Commuter Indonesia mengimbau pengguna commuterline untuk selalu mematuhi aturan dan arahan petugas di lapangan. 

Selain itu, penumpang diimbau tidak memaksakan naik jika keadaan rangkaian kereta commuterline sudah padat.

Akibat insiden tersebut, KAI Commuter melakukan rekayasa pola operasi untuk perjalanan Commuter Line diantaranya :

 

1. Commuter Line No. 1778 di Stasiun Kebayoran berjalan pada jalur kiri Kebayoran-Pondok Ranji, berangkat pukul 19.04 WIB.

2. Commuter Line No. 1780 di Stasiun Kebayoran berjalan pada jalur kiri Kebayoran-Pondok Ranji, berangkat pukul 19.24 WIB.

3. Commuter Line No. 1793 (Tiga Raksa-Tanah Abang) perjalanan hanya sampai Stasiun Serpong.

4. Commuter Line No. 1789 (Parung Panjang-Tanah Abang) perjalanan hanya sampai Stasiun Sudimara.

5. Commuter Line No. 1790 (Tanah Abang - Rangkasbitung) perjalanan hanya relasi Sudimara-Rangkasbitung.

6. Commuter Line No. 1794 (Tanah Abang - Serpong) perjalanan dibatalkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: