Jokowi Minta TNI-Polri dan BIN Tetap Netral Dalam Pemilu 2024

Jokowi Minta TNI-Polri dan BIN Tetap Netral Dalam Pemilu 2024

Presiden Jokowi membantah jika beras langka akibat penyaluran bansos-sekneg-

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Jokowi memerintahkan para TNI, Polri hingga Badan Intelijen Negara (BIN) untuk tetap netral dalam Pemilu 2024.

"Saya ingin menegaskan kembali bahwa ASN, TNI/Polri termasuk BIN harus netral, dan menjaga kedaulatan rakyat," kata Jokowi dalam keterangan video yang diunggah kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 7 Februari 2024.

Jokowi juga meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), baik di tingkat pusat maupun daerah, untuk bertindak profesional dan menjaga integritas pemilu.

BACA JUGA:Spesifikasi BYD Seal, Pengisian Baterai LFP Hanya 30 Menit dengan Powertrain 522 HP

BACA JUGA:Superkomputer Prediksi Klasemen Akhir Liga Inggris, Drama Hari Terakhir Liverpool dan Manchester City

"KPU, Bawaslu dan seluruh jajaran sampai ke daerah juga harus profesional dan memastikan integritas pemilu supaya suara rakyat benar-benar berdaulat. Kita semua harus menjaga pemilu yang damai, jujur, dan adil, menghargai hasil pemilu, serta bersatu padu kembali untuk membangun Indonesia," ujar Presiden Jokowi.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta agar ratusan juta masyarakat Indonesia yang terdaftar dan memiliki hak suara untuk mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 14 Februari mendatang.

"Saya mengimbau, saya mengajak kepada seluruh masyarakat agar menggunakan hak pilihnya, datang ke TPS, memberikan suara sesuai dengan pilihannya," ujar Jokowi.

BACA JUGA:Ini Makna Imlek Menurut Veronica Tan, Mantan Istri Ahok

BACA JUGA:Kebangetan, Rektor Unika Dihubungi Oknum Polisi untuk Buat Video Apresiasi Pemerintahan Jokowi di Saat Kampus Lain Bersikap Kritis

Sebagaimana diketahui, gelaran Pemilu 2024 hingga hitungan hari. KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Sementara itu, masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: