Buka Perayaan Imlek Nasional, Menag: Kita Bahagia, Juga sebagai Ruang Refleksi Bersama

Buka Perayaan Imlek Nasional, Menag: Kita Bahagia, Juga sebagai Ruang Refleksi Bersama

Menag Yaqut Cholil Qoumas membuka perayaan Imlek Nasional 2024 Masehi / 2575 Khongzili di Gedung Samudera, Jakarta, Senin 13 Februari 2024.-kemenag RI-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas mengisyaratkan perayaan Imlek Nasional 2024 Masehi / 2575 Khongzili dapat membawa kebahagian bagi semua pihak serta menjadi momen meningkatkan kebaikan.

Demikian disampaikan Menag saat membuka perayaan Imlek Nasional 2024 Masehi / 2575 Khongzili di Gedung Samudera, Jakarta pada Senin (13/2/2024).

Perayaan Imlek Nasional ini digelar oleh Pusat Bimbingan dan Pendidikan (Pusbimdik) Khonghucu Kementerian Agama bekerja sama dengan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN).

BACA JUGA:Kemenag Rakernas 2024, Gus Yaqut Tekankan Pelibatan Umat dalam Program Keagamaan

Gus Yaqut, sapaan karib Menag, juga mengapresasi tema perayaan Imlek Nasional kali ini yakni "Malu ketika tidak mengenal rasa malu, membuat orang tidak menanggung malu".

Menurutnya, pesan yang disampaikan sangat bagus, mengajak semua orang tahu diri agar ke depan tak menanggung malu.

"Perayaan imlek selain mengajak kita bahagia juga sebagai ruang refleksi bersama bagi umat manusia terutama bagi umat Khonghucu agar lebih baik ke depan," ujarnya.

Gus Yaqut mengingatkan kembali saat ini adalah tahun ke-25 bagi umat Khonghucu dan Masyarakat Tionghoa dapat merayakan Tahun Baru Imlek secara nasional.

"Kenyataan ini patut kita syukuri sebagai wujud dari kepedulian Negara dan Pemerintah, dan terjalinnya hubungan yang harmonis di antara sesama warga bangsa," ucap Menag.

BACA JUGA:Tegas! Menag Yaqut Bakal Copot Pejabat Kemenag yang Tidak Bisa Laksanakan Program

Untuk kemeriahan, Menag telah menginstruksikan kepada seluruh Jajaran Kemenag turut memasang ornamen khas nuansa Imlek, seperti Lampion, bunga Mei Hwa dan sebagainya, pada setiap kantor Kementerian Agama.

"Hal tersebut merupakan wujud penghormatan kami kepada umat Khonghucu yang tengah melaksanakan Hari Raya Tahun Barunya," kata Gus Yaqut.

Menag menjelaskan, kemeriahan perayaan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili ini dimulai sejak 3 Februari yang diisi kegiatan Bakti Sosial, pertunjukan seni, hingga berlanjut pada hari ke-15 imlek untuk melakukan Persembahyangan Perayaan Cap Go Meh oleh umat Khonghucu.

Semua Kegiatan menyambut Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili ini adalah bentuk penghormatan dan pelindungan kepada Umat Khonghucu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: