Pemilu 2024 Selesai, Adakah Caleg yang Kena Gangguan Jiwa?

Pemilu 2024 Selesai, Adakah Caleg yang Kena Gangguan Jiwa?

Ilustrasi caleg gagal-Pemilu selesai, kesehatan jiwa para caleg disorot-Freepik

JAKARTA,DISWAY.ID - Calon anggota legislatif (caleg) yang memutuskan maju dalam Pemilu 2024, harus siap menang dan siap kalah.

Jika kalah, caleg yang mengalami syok atau gangguan kejiwaan, sudah siap ditangani oleh Puskesmas atau fasilitas kesehatan. 

Misalnya di Puskesmas Kelurahan Pekayon, Jakarta Timur.

Di sana, fasilitas kesehatan menyediakan layanan kejiwaan, rujukan surat kesehatan, lepas jahitan, jahit luka, cabut gigi, periksa tensi, cabut gigi, tes hamil, periksa kandungan, asam urat, kolesterol dan masih banyak lagi.

“Alhamdulillah mas untuk caleg yang dirawat di sini enggak ada, tapi untuk puskesmas sendiri menyediakan layanannya,” ucap perawat Cantika Sulistiawati. 

“Sebelum tindak lanjuti, kita melakukan pemeriksaan lebih dulu mas untuk memastikan apa benar mereka mengalami gangguan kejiwaan, setelah tau hasilnya baru kita proses,” kata Cantika. 

Menurutnya, sejak pemilu 2014, 2019, dan hingga sekarang belum ada pasien caleg yang mengalami gangguan jiwa datang berobat ke Puskesmas tersebut. 

“Alhamdulillah kita belum menerima caleg yang mengalami gangguan kejiwaan, mungkin anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) saja yang datang untuk melakukan pengecekan kesehatan mereka di puskesmas,” sambungnya.

BACA JUGA:Siskaeee Kembali Ajukan Test Kejiwaan, Padahal Sudah Dinyatakan Tidak Alami Gangguan Jiwa

Pantauan dari tim Disway, puskesmas Pekayon sangat ramai dikunjungi mulai dari anak-anak hingga orang yang sudah berlanjut untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin seperti pemeriksaan kandungan, kontrol darah tinggi, tensi, dan periksa kesehatan (check up).

“Mungkin mereka mengalami gangguan kejiwaan karena sudah mengeluarkan banyak uang makanya mereka menjadi seperti itu,” imbuhnya.

Puskesmas Pekayon juga dapat membuat rujukan untuk pasien yang menggunakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) untuk ke rumah sakit mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Puskesmas Pekayon juga melakukan pelayanan tenaga kesehatan yang baik mulai dari dokter, alat kesehatan, dan juga perawat.

Puskesmas ini merupakan menjadi pilihan untuk masyarakat Pekayon Pasar Rebo untuk kesehatan mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: