Sudirman Said: Kondisi Indonesia Mencemaskan, MK Dilumpuhkan, KPK Dipreteli

Sudirman Said: Kondisi Indonesia Mencemaskan, MK Dilumpuhkan, KPK Dipreteli

Co-Captain Tim Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Sudirman Said.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Co-Captain Tim Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Sudirman Said menyebut kondisi Indonesia saat ini dalam keadaan mencemaskan.

Sebab, kata dia, banyak lembaga-lembaga dalam satu dekade terakhir ini dilemahkan.

"Kita dalam masa yang sangat mencemaskan, sebab hari ini seperti sudah tidak ada rem lagi. Dalam 9 atau 10 tahun ini kita menyaksikan, mengalami, saya sharing dengan pandangan para pembicara yang lain, mengalami proses pelumpuhan, pelemahan instrumen kontrol dalam bentuk apa pun," kata Sudirman, Minggu, 3 Maret 2024.

BACA JUGA:Adian Napitupulu Singgung Pemberian Pangkat Jenderal ke Prabowo: Upaya Jokowi Menanamkan Investasi Politik!

Bahkan, menurut dia lembaga parlemen hingga KPK juga turut dilumpuhkan.

"Parlemen tidak berfungsi dengan baik, BPK-nya sangat politis sebagai supreme audit body begitu ya. Bahkan, yang namanya the guardian of constitution, MK pun dilumpuhkan begitu rupa dengan begitu rupa dengan berbagai cara. KPK sudah lama diprotoli," ujarnya.

Mantan Menteri ESDM ini menyampaikan, kondisi pelemahan itu mengakibatkan situasi mencemaskan yang kini terjadi, sulit untuk dikendalikan.

Ia pun mengibaratkan seperti sedang menyetir mobil.

BACA JUGA:Prabowo Jenderal TNI Kehormatan, Connie Bakrie: Atas Dasar Hukum Apa?

"Jadi ibaratnya sedang menyetir mobil itu kita jalan ngebut luar biasa, tapi seluruh instrumen pengendali, instrumen kontrol diprotoli, dilumpuhkan, speedometer dimatikan, remnya dicopot juga," ujar Sudirman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: