Adian Napitupulu Singgung Pemberian Pangkat Jenderal ke Prabowo: Upaya Jokowi Menanamkan Investasi Politik!

Adian Napitupulu Singgung Pemberian Pangkat Jenderal ke Prabowo: Upaya Jokowi Menanamkan Investasi Politik!

Prabowo Subianto menerima pangkat secara istimewa dari Presiden Joko Widodo.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID– Politisi PDI Perjuangan Adian Napitupulu menyatakan, pemberian pangkat jenderal kehormatan kepada Jenderal TNI (purn) Prabowo Subianto oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), menyakiti korban hak asasi manusia (HAM) pada masa lalu.

Adian menyinggung soal itu pada keterangan video pemberhentian Prabowo dari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) yang diunggahnya pada akun Instagram pribadinya (@adian_napitupulu) pada Rabu, 28 Februari 2024.

BACA JUGA:Prabowo Jenderal TNI Kehormatan, Khairul Fahmi ISSES: Pangkat Pemberian Secara Istimewa!

“Pemberian pangkat jenderal kehormatan pada Prabowo adalah upaya Jokowi menanamkan investasi politik. Tujuannya agar Prabowo ingat bahwa Jokowi yang telah memuliakan jenderal pecatan ini menjadi pemenang Pilpres dan sekarang bisa menjadi jenderal bintang 4 kehormatan,” tulis Adrian.

“Saya yakin Jokowi sadar, pemberian gelar jenderal ini memunculkan reaksi dan banyak menyakiti para korban HAM masa lalu. Tapi karena “disetujui” oleh mantan-mantan jenderal di sekeliling Jokowi. keputusan yang melecehkan sejarah itupun tetap dilakukan,” lanjutnya. 

Menurut Anggota Legislatif Fraksi PDI Perjuangan di parlemen itu, pemberian gelar jenderal kehormatan tersebut merupakan upaya Jokowi agar Prabowo benar-benar merasa berhutang budi, tunduk, dan tidak lupa kalau sudah berkuasa nanti. 

“Prabowo telah dimuliakan secara total oleh Jokowi, sampai harus melakukan upaya menghapus noda hitam sejarah pelanggaran HAM masa lalu,” tegasnya.

BACA JUGA:Prabowo Jenderal TNI Kehormatan, Connie Bakrie: Atas Dasar Hukum Apa?

Lebih lanjut, Pria yang lahir 9 Januari 1971 itu mengatakan, pemberian gelar jenderal kehormatan merupakan “kebaikan hati” Jokowi kepada Prabowo untuk kepentingan mengamankan anaknya, Gibran Rakabuming Raka yang saat ini menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres), agar juga dihormati Prabowo nantinya. 

“Dengan tidak melupakan orang tuanya yang secara total telah melakukan segala upaya untuk “memuliakan” Prabowo,” ujar Adian.

Namun bisa juga dimaknai, Jokowi sebenarnya mulai tersandera dengan ketakutan dan kekhawatiran pada pilihannya sendiri. Khawatir kalau setelah dia tidak jadi presiden, Prabowo akan melupakan jasanya. 

Pria Alumnus Universitas Kristen Indonesia itu menyebut, pemberian gelar jenderal itu tentu sangat berarti bagi Prabowo. Karena bagi tentara, pangkat adalah suatu kehormatan yang sangat tinggi. 

BACA JUGA:Jokowi: Pemberian Kenaikan Pangkat Jenderal Kehormatan ke Prabowo Atas Usulan Panglima TNI

“Prabowo yang pernah merasa kehilangan harapan saat dipecat, tentu sangat merasa terhormat dapat kehormatan diberi bintang 4. Sentuhan hati inilah yang diharapkan Jokowi agar Prabowo tidak akan mengkhianati dirinya nanti,” pungkasnya. (Candra Pratama)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: