Studi Baru Temukan Penyebab Utama 'Morning Sickness' Sebagai Tanda Kehamilan, Ternyata Ini Masalahnya

Studi Baru Temukan Penyebab Utama 'Morning Sickness' Sebagai Tanda Kehamilan, Ternyata Ini Masalahnya

Studi Baru Temukan Penyebab Utama dari 'Morning Sickness' Sebagai Tanda Kehamilan, Ternyata Ini Masalahnya---Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Ada beberapa hal yang lebih identik dengan kehamilan selain mual di pagi hari.

Hal ini sering kali merupakan salah satu petunjuk pertama bahwa seseorang wanita sedang hamil.

Dokter keluarga di Penn Medicine, Libby Wetterer mengatakan mual dan muntah dapat berdampak negatif pada kesehatan dan kualitas hidup orang hamil.

“Kecuali parah, umumnya tidak berdampak pada kesehatan bayi," ucapnya, dikutip dari laman Parents.

BACA JUGA:USG Penting Cegah Stunting Sejak Hamil, Begini Kata Jokowi

Bagi banyak ibu yang melahirkan, mual dan muntah selama kehamilan bukan sekadar gangguan kecil, namun bisa melemahkan dan tidak banyak yang bisa dilakukan untuk meringankan gejalanya.

Itu sebabnya para peneliti dari Universitas Cambridge dan Keck School of Medicine di USC berusaha memahami penyebab mual di pagi hari dengan harapan dapat mencegah dan mengobatinya dengan lebih baik.

“Kami telah tertarik dengan hormon yang disebut GDF15 ini selama beberapa tahun,” kata Sam Lockhart, salah satu penulis studi baru tentang hormon yang mereka temukan berdampak pada tingkat keparahan mual saat hamil.

"Ini sudah ada selama beberapa dekade, tetapi baru pada tahun 2017 empat perusahaan farmasi yang berbeda mengetahui kemungkinan dampaknya," sambungnya.

BACA JUGA:Outfit Ramadhan di Thamrin City: Banyak Model Terbaru, Harga Mulai Rp100 Ribu

Apa Hubungan Hormon GDF15 dengan Morning Sickness?

Tim peneliti Universitas Cambridge mengembangkan penelitian sebelumnya mengenai GDF15 yang menunjukkan bahwa hormon tersebut bekerja pada bagian yang sangat kecil di dasar otak dan pada dasarnya memberi sinyal mual dan kesusahan yang membuat orang muntah.

“Jika Anda membayangkan bahwa kadar normal GDF15 adalah sekitar 500 hingga 800 gram per mil, pada orang sehat saat Anda hamil, kadarnya akan meningkat menjadi sekitar 10 atau 20.000 [gram per mil],” kata Lockhart.

Memahami efek GDF15 pada otak ditambah dengan fakta bahwa GDF15 diproduksi seluruhnya oleh janin di dalam plasenta memungkinkan para peneliti untuk benar-benar menyimpulkan apa yang terjadi ketika orang hamil mengalami mual di pagi hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: