3 Kabel Data Laut Merah Terputus saat Houthi Melancarkan Serangan di Teluk Aden

3 Kabel Data Laut Merah Terputus saat Houthi Melancarkan Serangan di Teluk Aden

3 Kabel Data Laut Merah Terputus saat Houthi Melancarkan Serangan di Teluk Aden-Screenshoot/YouTube-

menurut Tim Stronge, pakar kabel bawah laut di TeleGeography sebuah perusahaan riset pasar telekomunikasi yang berbasis di Washington.

Menanggapi pertanyaan dari The Associated Press, Seacom mengatakan bahwa pengujian awal menunjukkan bahwa segmen yang terkena dampak berada dalam yurisdiksi maritim Yaman di Laut Merah Selatan. 

Dikatakan pihaknya mengubah rute lalu lintas yang dapat diubah, meskipun beberapa layanan tidak berfungsi.

BACA JUGA:Indonesia dan Uni Eropa Sepakat Kerjasama Perdagangan Barang dan Jasa hingga Investasi di IEU-CEPA

BACA JUGA:11 Warga Palestina Tewas dan 50 Terluka Akibat Serangan Drone Israel Dekat RS Bersalin Gaza Selatan

Tata Communications, bagian dari konglomerat India dan berada di balik jalur Seacom-TGN-Gulf, mengatakan kepada AP bahwa pihaknya memulai tindakan perbaikan segera dan tepat setelah jalur tersebut terputus.

“ Kami berinvestasi di berbagai konsorsium kabel untuk meningkatkan keberagaman kami dan karenanya dalam situasi terputus atau tersangkutnya kabel, kami dapat secara otomatis mengubah rute layanan kami,” kata Tata.

Pada awal Februari, pemerintah pengasingan Yaman yang diakui secara internasional menuduh bahwa Houthi berencana menyerang kabel tersebut. 

Saluran tersebut tampaknya telah terputus pada 24 Februari, ketika organisasi NetBlocks menyadari bahwa akses internet di negara Djibouti di Afrika Timur mengalami gangguan dua hari kemudian.

Namun kelompok Houthi membantah menargetkan kabel tersebut, dan menyalahkan gangguan tersebut pada operasi militer Inggris dan AS, namun tidak memberikan bukti yang mendukung tuduhan tersebut dan telah membuat klaim palsu di masa lalu.

BACA JUGA:Manggung di Jakarta, Ed Sherran dan Krunya Masuk Indonesia dengan Menggunakan Music Performer Visa dari Ditjen Imigrasi

BACA JUGA:Pasangan Biker Asal Spanyol Dirampok di India: Istri Saya Dirudapaksa Beramai-ramai

Sejak November, pemberontak berulang kali menargetkan kapal-kapal di Laut Merah dan perairan sekitarnya selama perang Israel-Hamas. 

Kapal-kapal tersebut termasuk setidaknya satu kapal dengan muatan menuju Iran, dermawan utama Houthi, dan sebuah kapal bantuan yang kemudian menuju wilayah yang dikuasai Houthi.

Meskipun lebih dari satu setengah bulan serangan udara yang dipimpin AS, pemberontak Houthi masih mampu melancarkan serangan yang signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: