3 Kabel Data Laut Merah Terputus saat Houthi Melancarkan Serangan di Teluk Aden

3 Kabel Data Laut Merah Terputus saat Houthi Melancarkan Serangan di Teluk Aden

3 Kabel Data Laut Merah Terputus saat Houthi Melancarkan Serangan di Teluk Aden-Screenshoot/YouTube-

Hal ini termasuk serangan bulan lalu terhadap kapal kargo yang membawa pupuk, Rubymar, yang tenggelam pada hari Sabtu setelah hanyut selama beberapa hari, dan jatuhnya pesawat tak berawak Amerika senilai puluhan juta dolar.

Kelompok Houthi bersikeras bahwa serangan mereka akan terus berlanjut sampai Israel menghentikan operasi tempurnya di Jalur Gaza, yang telah membuat marah dunia Arab secara luas dan melihat kelompok Houthi mendapatkan pengakuan internasional.

BACA JUGA:Bantuan Pertama Amerika Mendarat di Gaza

BACA JUGA:Momen Langka, Militer AS Terjunkan Bantuan Pangan untuk Palestina di Atas Langit Gaza

Jenderal Yahya Saree, juru bicara militer Houthi, mengklaim serangan itu dalam pernyataan yang direkam sebelumnya telah mengidentifikasi kapal tersebut sebagai MSC Sky II, yang berlayar untuk perusahaan Mediterranean Shipping Co yang berbasis di Swiss.

Tetapi berusaha menghubungkan kapal tersebut dengan Israel. Detail kapal dan lokasi terakhir yang diketahui berhubungan dengan detail serangan tersebut.

Houthi akan terus menghalangi agresi Israel atau mereka yang menuju pelabuhan Palestina yang diduduki sampai agresi dihentikan dan pengepungan terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza dicabut,” kata Saree.

Saat ini terdapat 14 kabel yang melintasi Laut Merah, dan enam lainnya direncanakan, kata Stronge, pakar kabel bawah laut.

“ Kami memperkirakan lebih dari 90 persen komunikasi antara Eropa dan Asia melintasi kabel bawah laut di Laut Merah,” katanya. 

BACA JUGA:Gaza Mau Dibom Nuklir, Menteri Israel Juga Serukan Bulan Suci Ramadhan Dihapus

BACA JUGA:21 Kurma Asal Israel Diboikot Jelang Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah, Berikut Daftarnya

Untungnya, operator telekomunikasi telah membangun redundansi tingkat tinggi ke dalam sistemnya, ada banyak kabel yang melintasi Laut Merah.

Kelompok Houthi kemudian memperingatkan bahwa setiap kapal pemasangan kabel yang memasuki perairan Yaman memerlukan izin dari kelompok tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: