Gawat, Laporan Investigasi KNKT Menyebut Pilot dan Kopilot Batik Air Tertidur Saat Penerbangan Kendari-Jakarta 25 Januari 2024

Gawat, Laporan Investigasi KNKT Menyebut Pilot dan Kopilot Batik Air Tertidur Saat Penerbangan Kendari-Jakarta 25 Januari 2024

Pesawat Batik Air BTK6723 dengan Rute Penerbangan Kendari-Jakarta diwarnai insiden Pilot dan Kopilot Tertidur Bersamaan saat membawa 153 Penumpang pada 25 Januari 2024 lalu. Alhasil, pesawat sempat keluar dari jalur penerbangan semestinya-KNKT-

BACA JUGA:Kemenhub dan KNKT Ungkap Hasil Penyelidikan Rangka eSAF Honda: Ada Bagian yang Tak Terlapisi Coating!

BACA JUGA:Jamin Keselamatan Dunia Penerbangan, Kemenhub Optimalkan Infrastruktur Bandara

Namun dalam penerbangan kali ini, pilot bertindak sebagai pilot monitoring (PM) dan kopilot yang tadi sudah tidur bertindak sebagai pilot flying (PF).

Total penumpang dalam penerbangan Kendari-Jakarta berjumlah 153 orang. Di udara, pramugari juga memberi makanan ringan ke pilot dan kopilot. Pukul 00.37 UTC atau 08.37 waktu lokal, kedua pilot itu melepas headset mereka dan pelantang (loudspeaker) kokpit dikencangkan volumenya.

"PIC (pilot) minta izin ke SIC (kopilot) untuk istirahat dan izin diberikan. Beberapa detik kemudian, PIC tertidur dan SIC kemudian mengambil alih tugas PIC sebagai PM (pilot monitoring)," tulis KNKT.

Pilot yang tadi tidur itu bangun pukul 01.22 UTC atau 09.22 waktu lokal. Dia menawarkan kopilot barangkali mau tidur juga. Kopilot kemudian menjawab bahwa dia tidak ingin istirahat. Mereka berbincang sekitar 30 detik.

"Dan kemudian PIC (pilot) melanjutkan tidurnya," tulis KNKT.

BACA JUGA:Penumpang Ini Kecewa Batal Terbang dan Mengaku Dirugikan oleh Seorang Oknum Staf Maskapai Penerbangan, Apa Sebabnya?

BACA JUGA:AirNav Indonesia Bersama CGX Aero Prancis Inisiasi Workshop Digital Informasi Penerbangan

Sadar bahwa PIC tertidur, Kopilot kemudian mengambil alih tugas si pilot itu. Kopilot pada saat itu menjalankan tugas sebagai PF (pilot flying atau yang menerbangkan pesawat) dan PM (pilot monitoring) sekaligus. 

Mereka kemudian sempat meminta Pusat Kontrol Area atau Area Control Center (ACC) Makassar untuk terbang menuju 250 derajat. ACC Makassar menginstruksikan pesawat untuk menghubungi ATC Jakarta atau ACC Jakarta.

Dalam 01.43.42 UTC, kopilot readback (prosedur penerbangan membaca kembali) instruksi Area Control Center (ACC) Jakarta. Namun beberapa saat kemudian, kopilot ini tertidur secara tidak sengaja.

Berdasarkan laporan itu, baik pilot maupun kopilot tidur bareng dalam waktu yang bersamaan.

Pilot dan Kopilot Tidur dalam Waktu Bersamaan

Tepat pada pukul 01.56 UTC atau 12 menit setelah transmisi rekaman terakhir dengan kopilot, ATC Jakarta bertanya kepada pesawat BTK6723 ini mengenai berapa lama pesawat ini akan terbang pada 250 derajat seperti sekarang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: