Gawat! Lingkar Pinggang Terlalu Lebar Jadi Sumber Penyakit, Jangan Sampai Obesitas

Gawat! Lingkar Pinggang Terlalu Lebar Jadi Sumber Penyakit, Jangan Sampai Obesitas

Ilustrasi Obesitas-Cek lingkar pinggang sebagai indikator kegemukan-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Berapa lingkar pinggang Anda?

Jika terlalu lebar, itu menjadi sumber penyakit tak menular seperti diabetes, stroke, hipertensi dan jantung. 

Berapa Lingkar Pinggang Ideal?

Data Kementerian Kesehatan menyebutkan ciri-ciri obesitas seperti lingkar pinggang laki-laki > 90 cm dan perempuan > 80 cm.

Tekanan darah ≥ 130/85 mmhg, gula darah puasa > 100 mg/dL

Kadar kolesterol, yakni trigliserida ≥ 150 mg/dL, serta HDL < 40 mg/dL (laki-laki) dan < 50 mg/dL (perempuan).

BACA JUGA:Berapa Batasan Konsumsi Gula dan Garam Sehari untuk Cegah Obesitas? Ini Saran Ahli.

Obesitas Rentan Ancaman Penyakit

Salah satunya diabetes.

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit tidak menular yang menjadi masalah kesehatan di masyarakat Indonesia dan perlu ditangani dengan sungguh-sungguh. 

Data Riskesdas pada 2018 menunjukkan adanya peningkatan angka prevalensi obesitas, yaitu 21,8%, dibandingkan dengan tahun 2014 sebesar 14,8%.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan Dr. Eva mengatakan, tantangan dalam pelaksanaan pencegahan dan pengendalian obesitas, di antaranya kesadaran masyarakat bahwa obesitas merupakan penyakit.

“Teknologi yang tidak mendukung aktivitas fisik dimana mudahnya transportasi dan gawai sehingga membuat masyarakat Indonesia malas bergerak kemudian peran pemerintah daerah yang masih perlu kita dorong untuk menciptakan lingkungan yang kondusif melalui aturan dan ruang-ruang, menyiapkan ruang-ruang olahraga untuk masyarakat,” kata Direktur P2P Dr. Eva dalam temu media melalui Zoom Meeting.

Dr. Eva melanjutkan, meningkatnya pengetahuan, kesadaran serta kepedulian masyarakat terhadap obesitas dengan melakukan deteksi sedini mungkin merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran serta menghindari penyakit tidak menular seperti diabetes mellitus, hipertensi, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenkes