Apa Itu Minyak Makan Merah yang Pabriknya Diresmikan Jokowi? Kaya Nilai Gizi

Apa Itu Minyak Makan Merah yang Pabriknya Diresmikan Jokowi? Kaya Nilai Gizi

Apa itu Minyak Makan Merah?-Jokowi meresmikan pabriknya di Medan, Sumatera Utara-Setpres

JAKARTA, DISWAY.ID - Apa itu minyak makan merah?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik percontohan minyak makan merah Pagar Merbau, di Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis 14 Maret pagi.

Peresmian pabrik minyak pakan merah pertama di Indonesia tersebut menandai langkah maju dalam industri kelapa sawit nasional dan pemberdayaan petani sekaligus meningkatkan nilai tambah industri sawit.

Apa itu minyak makan merah?

Dikutip dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), minyak makan merah merupakan inovasi minyak sawit. Minyak makan merah ini tidak hanya bisa berfungsi untuk menggoreng, tapi bisa juga untuk suplemen untuk membantu masyarakat.

Minyak makan merah diklaim kaya nilai gizi, berpotensi digunakan sebagai pangan fungsional dalam membantu pencegahan stunting atau kekerdilan masyarakat.

Minyak makan merah ini tidak hanya bisa berfungsi untuk menggoreng, tapi bisa juga untuk suplemen untuk membantu masyarakat kita dari stunting karena nilai gizi dari minyak makan merah ini sangat besar dibanding dengan minyak goreng yang beredar di pasaran.

Kandungan Nilai Gizi Minyak Makan Merah

Keunggulan dari minyak makan merah  tersebut terletak pada nilai gizi dan kandungan pro-vitamin A dan E yang lebih tinggi dari minyak goreng pada umumnya.

Dalam pengolahannya, menggunakan teknologi sederhana dengan mempertahankan nutrisi di dalamnya.

Produksi minyak makan merah ini dapat dikembangkan oleh koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) karena nilai investasi yang lebih kecil dibandingkan pabrik minyak goreng komersial. Selain itu, biaya logistik dari produksi minyak makan merah ini juga kecil.

Pemerintah mendorong edukasi dan sosialisasi tentang manfaat minyak makan merah perlu dilakukan kepada masyarakat karena adanya perbedaan warna dengan minyak goreng pada umumnya.

Hal ini menjadi alternatif satu solusi dalam pemenuhan gizi bagi masyarakat Indonesia.

“Kita ingin nilai tambah itu ada di dalam negeri. Oleh sebab itu, kita bangun pabrik minyak makan merah ini yang pertama kali dan ini kita harapkan dapat memberikan nilai tambah yang baik bagi para petani sawit, utamanya yang sudah dalam bentuk koperasi. Jadi harga TBS [tandan buah segar] tidak naik dan turun, karena di sini semuanya diolah menjadi barang jadi, yaitu minyak makan merah,” ujar Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: