Siap-siap, BUMN Segera Buka Rekrutmen, Berikut Ini Posisi Dibutuhkan

Siap-siap, BUMN Segera Buka Rekrutmen, Berikut Ini Posisi Dibutuhkan

Konferensi Pers “Rekrutmen Bersama BUMN Tahun 2024” Media Center, Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat 22 Maret 2024.-Sabrina Hutajulu/Carep-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkolaborasi dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) segera membuka pendaftaran Rekrutmen Bersama (RBB) BUMN.

Hal ini disampaikan oleh Tedi Bharata, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN dalam Konferensi Pers “Rekrutmen Bersama BUMN Tahun 2024” bersama Alexandra Askandar, Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia yang berlangsung di Media Center, Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat 22 Maret 2024,

Konferensi pers tersebut membahas komitmen Pemerintah melalui BUMN untuk terus membuka lapangan pekerjaan melalui proses seleksi yang lebih baik dan semakin transparan.

BACA JUGA:Erick Thohir: BUMN Sumbang 21,9 Persen Total Penerimaan Negara

Tedi Bharata menyampaikan Kementerian BUMN akan terus menciptakan lapangan pekerjaan di Indonesia sebagai bagian dari proses transformasi BUMN yang berkelanjutan.

“Kami dari Kementerian BUMN dan mitra kami dari FHCI , ingin menginformasikan Program Rekrutmen Bersama BUMN Tahun 2024. Sesuai yang disampaikan Pak Menteri (BUMN) beberapa hari lalu pada rapat bersama DPR, bagaimana BUMN secara grup menghasilkan laba Rp292 Triliun untuk tahun 2023 dan dividen kita pada tahun 2023 sebesar Rp81,2 triliun. Dengan potensi usaha atau bisnis BUMN yang semakin berkembang, kita memerlukan tambahan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung program kerja atau rencana kerja dari BUMN,” ujar Tedi.

Tedi menambahkan, sebagai bentuk kolaborasi antar BUMN, RBB memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas dan standarisasi rekrutmen yang dilakukan di BUMN Group sehingga BUMN pada akhirnya mendapatkan talenta terbaik sesuai kebutuhan perusahaan.

BACA JUGA:Pendaftaran Mudik Gratis 2024 Buka di Samsat dan Satpas Wilkum PMJ

Perbaikan dan pengembangan dari RBB terus dilakukan, selain tetap mempertahankan Tes core values AKHLAK, terdapat terobosan lain yang dilakukan seperti tes Learning Agility dan Tes Wawasan Kebangsaan untuk memastikan para kandidat dapat memberikan kontribusi terbaik tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga untuk Bangsa Indonesia.

“Tujuannya untuk meningkatkan standarisasi melalui Rekrutmen Bersama BUMN, kita melakukan standarisasi dimana semua journey dari talenta atau kandidat karyawan mendapat pengalaman yang sama. Di sini ada beberapa poin dalam assessment yang dilakukan dimana pada tahun ini akan ada tambahan Learning Agility dan Wawasan Kebangsaan karena sesuai arahan Menteri BUMN tes Wawasan Kebangsaan merupakan hal yang penting agar kita tidak hanya melihat kompetensi saja tetapi juga wawasan kebangsaan, karakter, dan core value AKHLAK,” jelas Tedi.

Tedi menambahkan, RBB merupakan implementasi dari Core Value AKHLAK.

“Jadi, amanah dan kompetensi merupakan hal yang penting sekali dalam program Rekrutmen Bersama BUMN ini. Dan Rekrutmen Bersama BUMN adalah bentuk kolaborasi sehingga merupakan implementasi dari core value AKHLAK itu sendiri,” lanjutnya.

BACA JUGA:KAI Raih Penghargaan Perusahaan BUMN dengan Inovasi Bisnis Perusahaan Terbaik

Memasuki pelaksanaan RBB yang ke empat kalinya di tahun 2024 ini, program RBB terus memperkuat sumber daya manusia Indonesia terutama pada sektor BUMN. RBB memberikan peluang signifikan bagi pencari kerja dari berbagai latar belakang untuk mengembangkan karier mereka di BUMN Group.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: