Ngetik Atau Berkata Kasar di Media Sosial, Puasa Langsung Batal?

Ngetik Atau Berkata Kasar di Media Sosial, Puasa Langsung Batal?

Ngetik Kasar di Media Sosial, Puasa Langsung Batal?-8Photo-Freepik

Seorang muslim seharusnya tidak dengan mudah mengucapkan kata-kata kasar atau kotor, baik saat berpuasa maupun tidak.

BACA JUGA:Cek Prakiraan Cuaca Terbaru DKI Jakarta Hari Ini, Senin 25 Maret 2024: Ada Potensi Hujan

Hal ini sejalan dengan ajaran Rasulullah SAW yang menyatakan bahwa akhlak yang mulia adalah beban yang paling berat di timbangan kebaikan seseorang di hari kiamat, dan Allah membenci ucapan yang kotor dan kasar.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam buku "Dalam Pangkuan Sunnah" karya Syaikh Yusul Al-Qaradhawi, dengan menjaga perkataan agar tidak kasar kita bisa menjaga keutamaan puasa.

Puasa sendiri adalah sebuah latihan untuk mengendalikan hawa nafsu manusia serta memberikan pelajaran untuk menahan diri.

Oleh karena itu, penting bagi umat Muslim untuk menjaga ucapan mereka, terutama saat menggunakan media sosial yang bisa dengan mudah menjebak untuk berucap yang tidak pantas.

BACA JUGA:Update Jadwal Imsakiyah, Adzan Sholat dan Waktu Berbuka Puasa se-Jabodetabek Hari Ini, Senin 25 Maret 2024

Dalam era digital seperti sekarang ini, umat Muslim harus lebih bijak dalam menggunakan teknologi untuk menjaga keberkahan ibadah puasa.

Hindarilah konten-konten negatif yang dapat memicu perilaku buruk atau mengganggu kesucian hati. Semoga dengan menjaga akhlak dan perkataan, kita dapat meraih keberkahan dari ibadah puasa yang dilakukan dengan ikhlas dan tulus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: