Magang Palsu ke Jerman Tipu 33 Universitas, Kampus Swiss German University Angkat Bicara

Magang Palsu ke Jerman Tipu 33 Universitas, Kampus Swiss German University Angkat Bicara

Magang Palsu ke Jerman-33 universitas kena tipu-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Sebanyak 33 universitas terkena penipuan modus magang ke Jerman. 

Hal itu terungkap dalam temuan Bareskrim Polri yang membeberkan modus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) berkedok magang (ferien job) ke Jerman.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro menjelaskan sebanyak 1.047 mahasiswa diberangkatkan ke Jerman melalui program magang ilegal.

BACA JUGA:Ribuan Mahasiswa Korban Magang Palsu ke Jerman Sudah Dipulangkan ke RI

Dikutip dari laman resmi Swiss German University (SGU), terkait maraknya pemberitaan perdagangan manusia berkedok program magang yang merugikan banyak mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi Indonesia di Jerman, Swiss German University (SGU) angkat bicara. 

SGU memastikan tidak terlibat di dalamnya.

Dalam keterangannya secara lengkap, Swiss German University menjalankan program joint degree internasional secara resmi dan memiliki izin dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Republik Indonesia.

BACA JUGA:TPPO Mahasiswa Modus Magang ke Jerman Dibongkar Bareskrim

Dalam pelaksanaannya, Swiss German University bekerjasama langsung dengan berbagai universitas negeri di Jerman. Swiss German University tidak pernah menggunakan perantara apapun dalam menjalin kerjasama.

“Saya pastikan di sini bahwa program yang dijalankan oleh SGU adalah program pendidikan joint degree internasional, dimana mahasiswa SGU memiliki kesempatan untuk kuliah di universitas mitra kami di Jerman dan kemudian dilanjutkan dengan magang di industri yang berkaitan dengan studi mereka, bukan asal magang bekerja apa saja. SGU pun secara langsung menjalin kerjasama dengan berbagai universitas negeri di Jerman, dan tidak memakai jasa agen perantara. Semua mahasiswa SGU yang sedang di Jerman terdaftar sebagai mahasiswa di universitas mitra di Jerman dan memiliki visa studi, bukan visa magang”, jelas Dr. Dipl.-Ing. Samuel P. Kusumocahyo, Rektor Swiss German University.

BACA JUGA:Tertarik Magang dan Kerja di Jepang? Ini Pesan Wamenaker 

Universitas internasional pertama di Indonesia ini tidak hanya menjalin kerjasama joint degree dengan universitas di Jerman, tetapi juga universitas di Swiss dan Korea Selatan.

Mitra universitas program joint degress internasional SGU di Jerman antara lain Southwestphalia University of Applied Sciences dan EAH Jena University of Applied Sciences.

Sementara mitra universitas di Swiss adalah International Management Institute, Switzerland dan di Korea Selatan adalah Solbridge International School of Business Woosong University.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: