UNJ Kena Tipu Kasus Magang Palsu ke Jerman, Bakal Laporkan Perusahaan ke Ranah Hukum

UNJ Kena Tipu Kasus Magang Palsu ke Jerman, Bakal Laporkan Perusahaan ke Ranah Hukum

Magang Palsu ke Jerman-UNJ bakal laporkan perusahaan ke ranah hukum-UNJ

JAKARTA, DISWAY.ID - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi salah satu dari 33 universitas di Indonesia yang menjadi korban penipuan magang palsu ke Jerman.

UNJ dengan tegas akan mengambil langkah hukum menghadapi kasus ini. 

Dalam pernyataan resminya, UNJ memberikan penjelasan panjang menyikapi berita yang sedang berkembang mengenai Program Magang ke Jerman yang ditawarkan oleh PT. Sinar Harapan Bangsa (SHB) dan CV-Gen yang mengakibatkan 33 Perguruan Tinggi di Indonesia menjadi korban penipuan.

Maka Universitas Negeri Jakarta (UNJ)  perlu menyampaikan informasi agar masyarakat dan civitas UNJ mendapatkan pemahaman yang utuh.

BACA JUGA:Magang Palsu ke Jerman Tipu 33 Universitas, Kampus Swiss German University Angkat Bicara

“UNJ akan melakukan langkah hukum pelaporan atas kerugian materil maupun immaterial yang dilakukan oleh SS, PT. SHB, dan CV-Gen,” kata Humas UNJ dalam keterangan resmi. 

UNJ menegaskan pihaknya sebagai Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia selalu berkomitmen untuk mensukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi yang berdaya saing.

Untuk mewujudkan visi UNJ “Menjadi Universitas yang Bereputasi di Kawasan Asia” dan selaras dengan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, UNJ merumuskan dan menetapkan Program Internasionalisasi dalam Rencana Pengembangan Jangka Panjang  (RPJP) Tahun 2020 – 2045 dan Rencana Strategis Bisnis (RSB) Tahun 2020 – 2024 sebagai amanah Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2018 Tentang Statuta Universitas Negeri Jakarta.

BACA JUGA:Ribuan Mahasiswa Korban Magang Palsu ke Jerman Sudah Dipulangkan ke RI

Pada Program Internasionalisasi ini, salah satu turunan kegiatannya adalah Magang Internasional. Kegiatan magang Internasional dengan jumlah mahasiswa berkegiatan Internasional menjadi salah satu bentuk kegiatan yang tidak hanya mengemban pemenuhan RPJP dan RSB UNJ namun juga menjadi salah satu indikator dalam pemeringkatan Internasional serta bentuk implementasi internasionalisasi Program Studi di UNJ yang telah mendapatkan sertifikasi Internasional.

“Terkait dengan seluruh peristiwa ini, UNJ baik pimpinan dan mahasiswa yang berpartisipasi dalam Program Magang Internasional di Jerman sungguh telah menjadi korban dan merasa diperlakukan dengan tidak adil dan tidak jujur baik oleh SS, PT. SHB, dan CV-Gen,” tutur pihak Humas UNJ. 

“Kami tegaskan juga di sini, bahwa UNJ tidak memiliki kaitan secara kelembagaan dengan SS, PT. SHB, dan CV-Gen,” tulis humas UNJ. 

BACA JUGA:Tertarik Magang dan Kerja di Jepang? Ini Pesan Wamenaker 

Perguruan Tinggi di Indonesia termasuk di dalamnya UNJ yang turut serta menjadi korban dari penyelenggaraan Program Magang Internasional di Jerman yang ditawarkan SS, PT. SHB, dan CV-Gen yang ternyata bukan magang tapi justru malah bekerja sesuai temuan dari KBRI Berlin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: unj