Harga Tiket Pesawat Melambung Naik Jelang Lebaran, INACA Ungkap Alasannya

Harga Tiket Pesawat Melambung Naik Jelang Lebaran, INACA Ungkap Alasannya

Harga Tiket Pesawat Melambung Naik Jelang Lebaran, INACA Ungkap Alasannya-disway.id-

" Kita liat sekarang rata-rata sudah diujung TBA. Keliatan naik drastis itu karena habis low season kemaren. Januari semua harganya masih murah, terus begitu masuk high season, demand naik otomatis mekanismenya maskapai naikin harga sampai batas terbatas," ujar Adita lebih lanjut.

Sementara itu menurut Kepala Data dan Publikasi asosiasi Maskapai Penerbangan Indonesia (INACA) Gatot Raharjo, dalam wawancara dengan disway grup mengatakan bahwa harga tiket pesawat domestik dan internasional ini masih menyesuaikan dengan tarif batas atas (TBA) yang ditentukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

BACA JUGA:Buron Lima Bulan, Penipu Jual Beli Tiket Coldplay Senilai 1,2 M 'DA' Ditangkap Polres Jaksel

BACA JUGA:Otto Hasibuan Digugat DPC PERADI Jakarta Selatan, Ini Masalahnya!

Lebih lanjut menurut Gatot, harga tiket pesawat tidak seperti harga barang biasa.

Harga tiket pesawat, jelas Gatot, ditentukan dengan menggunakan batas bawah dan batas atas yang ditentukan oleh pemerintah.

" Umpamanya tiket Jakarta-Surabaya, itu batas bawahnya itu misalnya Rp500 ribu, batas atasnya mungkin bisa sampai Rp 1.500.000, nah maskapai itu bisa menjual antara Rp500- Rp1.500.000,"Jelas Gatot.

Gatot menjelaskan, biasanya itu maskapai biasa menjual di tengah-tengah, jadi sekitar Rp750 ribu gitu.

" Nah, kalo lagi gak banyak yang terbang ya di bawah Rp500 ribu. Tapi gak boleh menjual lebih rendah dari harga batas bawah itu, harga lebih dari batas atas juga gak boleh," kata Gatot.

BACA JUGA:PDIP Tanggapi Isu Pertemuan Megawati dan Prabowo, Hasto: Tidak Ada Masalah

BACA JUGA:Heboh Flu Singapura, Kenali Gejala yang Mirip Cacar Air

Gatot menambahkan, bahwa ketika memasuki musim ramai atau peak season seperti menjelang Hari Raya Idul Fitri seperti ini, maskapai akan menjual tiket pesawat dengan menggunakan harga di batas atas.

" Jadi sebenarnya kenaikan itu gak ada, karena harga itu udah ditentukan oleh pemerintah,"ujar Gatot.

Melanjutkan, Gatot mengatakan bahwa dalam Rapat dengan Kementerian Perhubungan beberapa waktu lalu, sudah ada tanda-tanda peningkatan pemesanan tiket pesawat.

" Kenaikan yang paling banyak untuk sebelum lebaran itu tanggal 6 April, dan setelah lebaran paling banyak itu tanggal 14 April. Jadi kemungkinan arus mudiknya itu tanggal 6 April," Jelas Gatot menutup wawancara dengan disway.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: