7 Tips Penting Mencegah Gampangnya Rasa Lapar dan Lemas Saat Puasa Ramadan

7 Tips Penting Mencegah Gampangnya Rasa Lapar dan Lemas Saat Puasa Ramadan

Tips Mencegah Rasa Lapar yang Hebat Selama Bulan Puasa Ramadan-benzoix-Freepik

- Bernapaslah secara perlahan

2. Rutin Berolahraga


Olahraga selama puasa -Ini jam dan pilihan jenis olahraga yang paling cocok-Freepik

Olahraga merupakan salah satu cara tercepat untuk mendorong tubuh kita bernapas lebih dalam.

Selama Anda melakukannya dengan benar, olahraga – bahkan hanya jalan cepat – akan memberikan energi dan bukannya membuat Anda lelah. Sisipkan beberapa sesi olahraga dalam rutinitas Ramadhan Anda, seperti jalan cepat setelah sahur, untuk meningkatkan energi Anda sepanjang hari.

BACA JUGA:Tim Hukum AMIN Beberkan Deretan Nama Menteri Terlibat Kampanye Prabowo-Gibran

3. Tidur yang Cukup

Kurang atau berlebihan tidur dapat menyebabkan kelelahan pada tubuh. Cobalah menjaga rutinitas tidur optimal selama Ramadhan yang direkomendasikan oleh Muslim Produktif.

Kualitas tidur juga sama pentingnya dengan lamanya waktu tidur. Tidurlah lebih awal, misalnya setelah shalat Tarawih, sehingga Anda dapat terjaga dengan segar untuk sahur. Tidur siang singkat setelah shalat Dhuhur juga dapat membantu Anda tetap energik selama puasa.

4. Alihkan Fokus dari Rasa Lapar dan Kelelahan

Pikiran kita memiliki kemampuan luar biasa dalam berkonsentrasi pada hal-hal tertentu dan mengabaikan hal lainnya. Anda dapat memilih untuk memfokuskan pikiran Anda pada hal-hal positif dan mengabaikan rasa lapar dan kelelahan yang mungkin Anda rasakan selama puasa.

5. Rencanakan Jadwal Anda

Rencanakan bagaimana Anda akan menggunakan waktu Anda selama bulan Ramadhan sehingga Anda tidak terlalu fokus pada tantangannya. Lakukan aktivitas yang bermanfaat bagi diri Anda, apakah itu ibadah, pekerjaan, atau berkumpul bersama keluarga untuk mengalihkan perhatian dari rasa lapar dan lelah.

Anda juga dapat menjadi sukarelawan dan membantu orang lain dalam berbagai kegiatan demi Allah subḥānahu wa ta'āla saat berpuasa, karena ini tidak hanya akan membuat Anda sibuk tetapi juga mendatangkan pahala ekstra.

BACA JUGA:Kuasa Hukum AMIN Tuding Bansos Jadi Faktor Suara Prabowo Melonjak di Pilpres 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: