Kodam Jaya Sebut Ledakan di Gudmurah Ciangsana Bogor Berisi Amunisi yang Sudah Kadaluwarsa

Kodam Jaya Sebut Ledakan di Gudmurah Ciangsana Bogor Berisi Amunisi yang Sudah Kadaluwarsa

Api membumbung tinggi dalam ledakan berasal dari Gudang Peluru Armed.-tangkapan layar-

BEKASI, DISWAY.ID - Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan memastikan kebakaran Gudang Munisi Daerah Ciangsana, Kabupaten Bogor berisi amunisi yang telah kedaluwarsa.

Ledakan gudang amunisi diduga terjadi karena proses kimia yang terjadi di amunisi yang telah kedaluwarsa tersebut. 

BACA JUGA:Padamkan Ledakan Gudang Amunisi TNI, Damkar Koordinasi dengan Armed

BACA JUGA:Kesaksian Warga Detik-Detik Gudang Amunisi TNI Meledak: Dikira Lagi Nyalahin Petasan

“Ledakannya terjadi di gudang tempat penyimpanan amunisi yang sudah kedaluwarsa,” kata Hasan kepada wartawan di sekitar kawasan ledakan gudang amunisi, Kabupaten Bogor, 30 Maret 2024.

Hasan meluruskan perihal informasi yang beredar di media sosial bahwa peristiwa ledakan diawali dengan asap yang muncul dari sebuah bangunan.

Di bagian dasar asap itu, tampak api mulai menyala. Tak lama, asap yang makin merambah diikuti dengan suara ledakan.

Dalam video yang beredar di media sosial, tampak warga panik berhamburan keluar rumah karena berada di sekitar lokasi ledakan.

BACA JUGA:Gudang Peluru TNI di Gunung Putri Meledak, Terdengar Suara Dentuman Hingga Terjadi Kebakaran Hebat

Tak hanya itu, sejumlah kendaraan pemadam kebakaran juga bersiaga menuju lokasi kejadian namun belum dibolehkan mendekat. Kebakaran disertai ledakan itu terjadi di gudang milik Kodam Jayakarta di Ciangsana, Kabupaten Bogor, pada Sabtu 30 Maret sekira pukul 18.30 WIB. 

Sebelumnya diberitakan, Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jayakarta di Ciangsana, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat meledak. 

Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Kristomei Sianturi membenarkan adanya ledakan disertai kobaran api di gudang munisi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 30 Maret 2024 petang.

"Memang betul telah terjadi kebakaran pada tanggal 30 Maret 2024 pukul 18.30, kebakaran gudang mengisi daerah Kodam Jayakarta milik Angkatan Darat yang bertempat di Kampung Parung Pinang RT 01, RW 11 Dusun 06, Desa Ciangsana Kabupaten Bekasi," kata Kristomei kepada wartawan, Sabtu.

BACA JUGA:Viral Sepasang Kekasih Foto Prewedding di Atas Tank, TNI AD Beri Penjelasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: