Sebelum Konsumsi Mangga, Benarkah Ada Baiknya Direndam Dulu Dalam Air?

Sebelum Konsumsi Mangga, Benarkah Ada Baiknya Direndam Dulu Dalam Air?

Sebelum Konsumsi Mangga, Benarkah Ada Baiknya Direndam Dulu Dalam Air?-stockking-Freepik

“Baik Ayurveda maupun nutrisi modern mendukung perendaman mangga sebelum dimakan. Dalam Ayurveda, mangga dihargai karena rasa manis dan sifat mendinginkannya, yang dapat menyeimbangkan panas tubuh. Merendamnya dapat meningkatkan khasiat ini dan membantu pencernaan sekaligus meningkatkan hidrasi,” tambah Lakshita Jain, ahli diet klinis, dan pendiri NUTR, Delhi.

BACA JUGA:Hari Ini Terjadi Gerhana Matahari Total, Ternyata Baru 18 Tahun Lagi Terlihat di Indonesia

Dari sudut pandang nutrisi modern, merendam mangga dapat meningkatkan kandungan airnya, membuatnya lebih terhidrasi, serta meningkatkan tekstur dan rasa, tambah Jain.

"Latihan ini juga dapat membantu pencernaan bagi sebagian orang. Secara keseluruhan, merendam mangga adalah cara sederhana untuk menikmati manfaatnya, namun penting untuk memilih metode yang dirasa tepat untuk Anda,” imbuh Jain.

Berikut langkah-langkah terbaik sebelum konsumsi buah mangga:

  • Cuci mangga: Bilas mangga dengan air dingin untuk menghilangkan kotoran atau kotoran dari kulit.
  • Isi mangkuk dengan air: Ambil mangkuk yang cukup besar untuk menampung mangga yang ingin direndam dan isi dengan air dingin.
  • Rendam mangga: Masukkan mangga ke dalam mangkuk berisi air, pastikan mangga terendam seluruhnya. Anda bisa merendamnya tergantung kesukaan Anda dan kematangan mangga. “Merendamnya lebih lama bisa menghasilkan daging yang lebih lembut dan buah yang lebih segar,” kata Jain.
  • Angkat dan keringkan: Setelah direndam secukupnya, keluarkan mangga dari air dan keringkan dengan handuk dapur atau handuk kertas bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: