Ada Pemaksimalan Pelabuhan dan Penambahan 3 Angkutan Laut

Ada Pemaksimalan Pelabuhan dan Penambahan 3 Angkutan Laut

Arus balik lebaran meningkat di pelabuhan.-Kemenhub -

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan tiga armada kapal negara dan swasta dengan rute Panjang-Ciwandan pada 12-18 April 2024. 

Ketiga kapal tersebut masing-masing berangkat pada pukul 12.00, 14.00, serta 16.00 WIB. 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan akan ada pemaksimalan pelabuhan alternatif. 

BACA JUGA:Arus Balik, Ini Rencana Cadangan Penyeberangan Sumatera-Jawa

Hal ini dilakukan agar pemudik dapat beristirahat lebih panjang karena waktu tempuh menuju Kota Bandar Lampung terpangkas hingga 1 jam. Selain itu, juga untuk mengurangi kepadatan di Merak. 

“Kami maksimalkan Pelabuhan Panjang di Tanjung Karang, Lampung. Karena, jika ke Panjang maka menghemat hampir 1 jam perjalanan bagi yang ingin ke Ibu Kota Lampung. Ini sangat positif," tutur Menhub pada Sabtu, 13 April 2024. 

Armada kapal yang disiapkan antara lain KMP Panorama Nusantara dan KMP ALS Elvina pada 12 April 2024, serta KMP Panorama Nusantara, KMP ALS Elvina, dan KMP Amada pada 13-18 April 2024. 

Masyarakat juga dapat memanfaatkan bantuan armada kapal kenavigasian KN. Edam dan kapal patroli KPLP KN. Trisula di ruas penyeberangan Panjang-Ciwandan. 

BACA JUGA:Kereta Cepat Whoosh Tambah 12 Rute Perjalanan Hingga 18 April

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan layanan ini dengan tertib dan mematuhi aturan yang berlaku," ujar Budi Karya. 

"Tujuannya untuk memastikan kelancaran dan keamanan perjalanan masyarakat selama masa arus balik Lebaran dari Sumatera ke Jawa,” lanjutnya. 

Ia pun mengingatkan agar kapal tersebut diperuntukkan bagi kendaraan sepeda motor dan mobil kecil. 

Sedangkan selama arus balik, truk 3 sumbu tidak diperbolehkan untuk sementara. (Ayu Novita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: