Rayakan HUT ke-16 Bawaslu, Rahmat Bagja Ucapkan Terima Kasih Seluruh Pengawas Pemilu 2024

Rayakan HUT ke-16 Bawaslu, Rahmat Bagja Ucapkan Terima Kasih Seluruh Pengawas Pemilu 2024

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja menyebutkan, Bawaslu menjadi lembaga terakhir yang akan pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengadakan acara Hari Ulang Tahun (HUT) Bawaslu ke-16 di Pelataran Gedung Bawaslu RI, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 16 April 2024.

Dalam acara tersebut, Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja mengucapkan, banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses pengawasan Pemilu serentak 2024.

"Perayaan refleksi usia ke-16 tahun ini, Bawaslu juga memberikan ucapan terima kasih kepada seluruh pengawas Pemilu yang telah berdedikasi mengawasi proses pemilu dan pilkada," ujar Rahmat Bagja kepada awak media.

BACA JUGA:Lebaran 2024, Mendagri Minta Masyarakat Move On dari Perhelatan Pemilu

Dengan mengusung tema 'Mengawasi untuk Indonesia', Rahmat Bagja berharap Bawaslu dapat mempersembahkan kerja pengawasan terbaik selama 16 tahun untuk memperkuat demokrasi di Indonesia. 

Sebagaimana diketahui, selama 16 tahun berdiri, Bawaslu telah mencetak 4 periode kepemimpinan, yakni periode 2008 sampai dengan 2012 yang terdiri dari Nur Hidayat Sardini, Wahidah Suaib, Wiryaningsih, Bambang Eka Cahya, Agustiani Tio Firdelian Sitorus.

Kemudian periode 2012 sampai dengan 2017 yang beranggotakan Muhammad, Nasrullah, Endang Wihdaningtyas, Daniel Zuchron, Nelson Simanjuntak. Lalu di periode 2017 sampai dengan 2022 terdapat Abhan, Ratna Dewi Pettalolo, Mochammad Afifuddin, Rahmat Bagja, Fritz Edward Siregar.

Lalu di periode 2022 sampai saat ini, Bawaslu beranggotakan Rahmat Bagja, Lolly Suhenty, Herywn J.H. Malonda, Puadi, Totok Hariyono.

BACA JUGA:Serahkan Kesimpulan dari Dua Pemohon ke MK, Yusril Yakin Permohonan Kubu 01 dan 03 Ditolak

"Maka semangat pengawasan pada tahun ke-16 ini, melalui simbol panah dan angka 16, menggambarkan arah dan fokus Bawaslu menuju ke arah yang lebih baik, juga menjadi simbol kestabilan dan kematangan institusi, serta pengalaman Bawaslu dalam mengawasi proses demokrasi selama 16 tahun," jelasnya.

Selain itu, tambah Bagja, Bawaslu juga melakukan penyaluran dana kerahiman berupa pemberian santunan kepada pengawas Pemilu yang meninggal dunia dalam pelaksanaan tugas Pemilu 2024

Dia pun berharap dana bantuan tersebut dapat membantu penghidupan bagi para ahli waris dari Ketua/Anggota/sekretariat di lingkungan Bawaslu yang meninggal dunia. 

"Dana kerahiman sekaligus sebagai bentuk solidaritas dan soliditas dari Ketua/Anggota/sekretariat Bawaslu," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: