Muncul Massa Demo Berbeda di Depan Patung Kuda

Muncul Massa Demo Berbeda di Depan Patung Kuda

Massa demo di depan Patung Kuda, Kawasan Monas, Jakarta.-Candra Aditya/Carep-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Sekelompok massa menggelar demonstrasi di sekitar Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat. Tepatnya di Jalan Medan Merdeka Barat pada Jumat, 19 April 2024.

Terdapat dua massa berbeda. Antara kubu yang menolak putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang syarat calon presiden dan juga kelompok yang pro terhadap putusan tersebut.

Dari arah kawasan monas, kubu pro itu didominasi oleh kawula muda. Sedangkan demo tandingannya di depan Kantor Indosat, mayoritas diduga adalah pendukung 01 dan 03.

BACA JUGA:Ribuan Personel Gabungan Siaga Amankan Demo di Monas

Berdasarkan pantauan Disway.id, Jalan Medan Merdeka Barat arah menuju Gedung MK dilakukan penutupan jalan. Sudah dipasangkan kawat berduri dan barrier beton.

Sedangkan jalan ke arah M.H. Thamrin juga dilakukan pengamanan. Banyak aparat kepolisian yang berjaga di area tersebut.

Sementara itu, massa aksi tandingan yang berorasi di depan Kantor Indosat, terus mengutarakan pendapatnya diatas mobil komando. Terdengar teriakan "allahuakbar" yang diikuti serempak oleh massa aksi lainnya. 

BACA JUGA:Eks Menteri Agama Fachrul Razi Ultimatum 8 Hakim MK saat Demo di Patung Kuda

Nampak massa aksi membawa poster yang bertuliskan 'Diskualifikasi 02, Adili KPU & Bawaslu, Tolak Pilpres Curang'

Aksi tandingan itu diinisiasi bersama oleh Forum Bersama Relawan 01 (Forbes 01), Front Pembela Daulat Rakyat (FPDR), Gerakan Penyelamat Kedaulatan Rakyat (GPKR), Tri Pilar dan Poros Buruh.

Diketahui, Tri pilar itu merupakan gabungan dari FPI, PA 212 dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF-Ulama).

Setelah terdengar suara adzan ashar berkumandang, seorang yang sedang orasi di atas mobil komando menyuarakan serentak untuk shalat berjamaah. Kemudian massa aksi langsung bergegas dan menyiapkan perlengkapan sholat. (Candra Pratama)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: