17 Rektor PTN Terbang ke Korsel Ikut Program Kepemimpinan, Ada UPN Veteran Hingga Unand

17 Rektor PTN Terbang ke Korsel Ikut Program Kepemimpinan, Ada UPN Veteran Hingga Unand

Rektor PTN-Terbang ke Korea Selatan-Kemendikbudristek

JAKARTA, DISWAY.ID – Sebanyak 17 rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mengikuti pelatihan kepemimpinan di Korea Selatan. 

Tujuannya, para rektor bertekad mewujudkan kampus dengan level World Class University. 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Sumber Daya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) menyelenggarakan Pelepasan Peserta Program Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Perguruan Tinggi (PKKPT) untuk Rektor Tahun 2024.

Program yang dilaksanakan di Jakarta pada Sabtu (20/4) ini menjadi langkah strategis dalam mendorong peningkatan reputasi perguruan tinggi menuju World Class University. 

BACA JUGA:Sekretaris Rektor UP Non-aktif Bakal Diperiksa, Dugaan Pelecehan Seksual ETH

PKKPT merupakan program perdana yang diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan kapasitas kepemimpinan rektor melalui pendekatan berkelanjutan terhadap good corporate governance, pembelajaran, penelitian, kontribusi pada kehidupan masyarakat, serta peningkatan berkelanjutan dalam berjejaring dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan. 

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Abdul Haris, menyampaikan bahwa peran sentral dari rektor atau pimpinan perguruan tinggi sangat krusial karena rektor memiliki dua fungsi utama yaitu sebagai pemimpin pembelajaran (academic leader) dan entrepreneur.

Menurutnya, kedua kata kunci ini yang harus diintegrasikan ke dalam diri para pimpinan perguruan tinggi. 

“Tantangan perguruan tinggi ini sangat besar sekali, bagaimana sebagai academic leader rektor harus memberikan teladan dan menjalankan fungsinya sebagai pengelola perguruan tinggi dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ucap Haris di Jakarta, dalam keterangan resmi. 

BACA JUGA:Usai Dipolisikan Dugaan Pelecehan Seksual, Rektor Universitas Pancasila Non-aktif Lakukan Upaya Hukum

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa pimpinan perguruan tinggi harus mempunyai strategi yang jelas dalam menyelenggarakan pendidikan, riset, dan pengabdian masyarakat.

Itu semua tidak lepas dari tujuan yang ingin dicapai seperti reputasi akademik yang baik. Hal tersebut sangat penting guna menciptakan awarness tentang suatu perguruan tinggi.

BACA JUGA:Segini Biaya Pendaftaran UTBK-SNBT 2024, Kalau Lulus Boleh Daftar PTN Jalur Mandiri?

Berikutnya, seorang rektor harus memiliki keterampilan entrepreneur dan kemampuan berinovasi dalam menghasilkan pendapatan (revenue). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: