Taiwan Bakal Hempaskan 760 Patung Pemimpin Tiongkok Chiang Kai Shek

Taiwan Bakal Hempaskan 760 Patung Pemimpin Tiongkok Chiang Kai Shek

Patung Chiang Kai Shek -Bakal disingkirkan Taiwan-HKFP

JAKARTA, DISWAY.ID – Perang dingin antara Taiwan dan Tiongkok masih terasa.

Taiwan bakal menyingkirkan 760 patung pemimpin era darurat militer Chiang Kai-shek yang tersisa.

Ketika itu, Chiang membantu mengalahkan invasi Jepang pada Perang Dunia II, melawan komunis Mao Zedong, dan membangun Taiwan modern – namun ia juga memerintah pulau itu dengan tangan besi selama beberapa dekade.

BACA JUGA:Totalitas! Presenter Berita Tetap Live di TV saat Gempa Taiwan, Puing Studio Runtuh, Kamera Goyang

Pihak berwenang kini mengatakan mereka akan terus menghapus simbol-simbol “otoriter”.

Dikutip dari Hongkong Free Press, Taiwan telah berjanji untuk menghapus 760 patung mendiang pemimpin masa darurat militer Chiang Kai-shek yang tersisa, meskipun ada kritik bahwa tindakan tersebut “menghapus” masa lalu.

Meskipun ia membantu mengalahkan invasi Jepang pada Perang Dunia II, melawan komunis Mao Zedong, dan membangun Taiwan modern, ia juga memerintah negara itu dengan tangan besi selama beberapa dekade.

BACA JUGA:Gempa Taiwan Makan Korban, Luka-Luka Tembus 1000 Orang, 9 Tewas, Puluhan Pegawai Hotel Hilang

Selama tindakan keras pada tahun 1947, setidaknya 18.000 orang terbunuh dalam pengawasan Chiang, sementara setidaknya 3.000 hingga 4.000 orang dieksekusi pada tahun-tahun “Teror Putih” yang berlangsung hingga tahun 1987.

Sekitar 140.000 orang ditangkap, dipenjara atau disiksa karena tindakan nyata atau dugaan mereka. penentangan terhadap pemerintahan Kuomintang (KMT), seperti yang ditunjukkan oleh catatan pemerintah.

Wakil Direktur Jenderal Departemen Hak Asasi Manusia dan Keadilan Transisi Shih Pu mengatakan pada hari Senin bahwa 760 patung Chiang yang tersisa akan dipindahkan oleh kementerian dalam negeri, menyusul seruan dari anggota parlemen untuk mempercepat proses tersebut.

Menurut Guardian, ia mengatakan kepada anggota parlemen bahwa pemindahan tersebut menjadi lebih lambat karena kementerian pertahanan telah mengatakan bahwa mereka perlu mempertimbangkan tradisi militer.

BACA JUGA:Gempa 7.5 M Guncang Taiwan, Tsunami Ancam Jepang

Chiang mendirikan sekolah pelatihan mereka di Tiongkok dan kemudian Taiwan.

Sementara itu, oposisi KMT telah menyampaikan kekhawatiran bahwa partai yang berkuasa berupaya menghapus sejarah.

 

Selama bertahun-tahun, patung dan potret Chiang telah dirusak, direlokasi, atau dipindahkan.

Menurut Taipei Times tahun lalu, ada sekitar 966 patung yang tersisa di tempat-tempat umum ketika Komisi Keadilan Transisi independen dibentuk pada tahun 2018.

Komisi tersebut ditugaskan oleh Presiden Tsai Ing-wen untuk menyelidiki masa darurat militer, dan membebaskan mereka yang dihukum karena tuduhan politik.

BACA JUGA:WNA Taiwan yang Hilang Setelah Kapal Terbalik di Kepulauan Seribu Ditemukan

Ratusan monumen dan patung disingkirkan, dan situs-situs yang didedikasikan untuk Chiang diganti namanya di seluruh pulau itu.

Penghormatan paling kontroversial yang tersisa kepada mantan pemimpin tersebut adalah Balai Peringatan Chiang Kai-shek di Taipei.

Oktober lalu, pengunjuk rasa menyerukan pembongkaran gedung tersebut.

Para pegiat ingin agar gedung tersebut diubah menjadi tempat umum untuk seni dan hiburan, dan satuan tugas di tingkat kabinet telah mencari cara untuk mengubah fungsi gedung tersebut.

Namun, para anggota mengeluhkan kurangnya itikad politik.

Beijing selama ini mengklaim Taiwan adalah salah satu provinsinya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: