Mulai Agak Pikun? Coba Rebus Tanaman Pegagan Yuk, Begini Caranya

Mulai Agak Pikun? Coba Rebus Tanaman Pegagan Yuk, Begini Caranya

Tanaman Pegegan meningkatkan daya ingat dan mencegah pikun---Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Pegagan merupakan tanaman yang sangat dikenal sebagai tanaman "tonik otak".

Hal itu karena rebusan daun dan herba pegagan sering diminum oleh orang tua untuk mengurangi risiko pikun atau gangguan kognitif lainnya.

Bahkan daun pegagan mengandung antioksidan dan memiliki sifat antiinflamasi, serta bermanfaat bagi kesehatan tubuh dengan menyediakan dukungan khusus untuk kesehatan otak.

Pegagan dipilih sebagai obat pencegah pikun karena mengandung senyawa asiatic acid yang memiliki manfaat dalam meningkatkan fungsi otak.

BACA JUGA:Gak Nyangka! 5 Tanaman Hias Ini Dipercaya Bawa Keberuntungan, Sudah Punya?

Dalam sebuah riset, juga menunjukkan bahwa konsumsi suplemen daun pegagan dapat meningkatkan daya ingat dan membantu mencegah penurunan kognitif termasuk penyakit demensia.

Senyawa yang terdapat pada pegagan ini menjadi solusi yang potensial untuk meregenerasi saraf yang rusak, terutama dalam proses belajar dan memori.

Kandungan kalium dalam pegagan juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah dalam tubuh tetap stabil.

Untuk merasakan manfaat dari pegagan, Anda dapat merebus 20 lembar daun segar dalam tiga gelas air.

BACA JUGA:Buktikan Manfaat Tanaman Lidah Mertua untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Rebus daun pegagan hingga mendidih dan tinggalkan sekitar 3/4 bagian air, kemudian saring dan dinginkan. Bagi air rebusan daun pegagan ke dalam tiga bagian yang sama untuk dikonsumsi.


MANFAAT Daun Pegagan untuk kesehatan, salah satunya mencegah pikun.--Pexels

Penggunaan pegagan sebagai tonik otak telah terbukti secara ilmiah dan merupakan alternatif alami yang berharga untuk menjaga kesehatan otak dan fungsi kognitif.

Dengan rutin mengonsumsi pegagan, Anda dapat mendukung kesehatan otak Anda sepanjang masa, sehingga dapat tetap cerdas dan terjaga daya ingatnya saat menua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: