Sambut Calon Jamaah Haji Besok, Asrama Haji Pondok Gede Siapkan Pengamanan Ketat

Sambut Calon Jamaah Haji Besok, Asrama Haji Pondok Gede Siapkan Pengamanan Ketat

Kepala UPT Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Muhammad Ali Zakiyudin-disway.id/Sabrina Hutajulu-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Menyambut para calon jamaah haji yang akan berdatangan mulai besok Sabtu 11 Mei 2024, Asrama Haji yang berada di Pondok Gede, Jakarta Timur melakukan berbagai persiapan.

Kepala UPT Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Muhammad Ali Zakiyudin mengatakan berbagai persiapan sudah dilakukan seperti di bidang keamanan.

"Kita menyiapkan perangkat-perangkat terkait keamanan di antaranya kita susun tim keamanan yang ada di asrama haji ini," ujarnya saat ditemui Disway di Asrama Haji Pondok Gede Jumat 10 Mei 2024.

BACA JUGA:Apakah Ibadah Haji Tetap Sah Meski dengan Biaya Ngutang? Buya Yahya: Permasalahannya Berat!

BACA JUGA:Tinjau Dapur Katering Haji di Madinah, Menag Minta Selalu Ada Menu Tempe dan Tahu

Ia memaparkan, pihaknya memberikan pemantauan CCTV di tiap gedung dan area ruas jalan guna memonitoring pergerakan  para jamaah.

"Kita juga siapkan pintu screening di lokasi asrama , jadi tidak bisa semua orang masuk tanpa izin keamanan," tambahnya.

Terkait katering yang akan dikonsumsi para jamaah selama di asrama haji, Ali memastikan bahwa makanan tersebut dimasak atau diproduksi langsung dari asrama haji.

"Karena ada katering, kita pastikan dimasak di asrama haji, chef kita juga dicek melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan kesehatan," imbuhnya.

Kemudian dari sisi kesehatan kata Ali, pihaknya berkerja sama dengan KKP, dimana KKP akan mengecek ulang kondisi para jamaah untuk istithaah (kemampuan) terakhir.

BACA JUGA:TKHI Sarankan Jamaah Haji Lansia Ibadah Sesuai Kemampuan

BACA JUGA:Daftar Menu Jemaah Haji Indonesia Khas Nusantara, 20 Persen Ramah Lansia

"Walaupun sudah istithaah waktu pelunasan, tapi di sini ada screening istithaah terakhir, karena jeda pelunasan sampai dengan keberangkatan cukup lumayan panjang, sehingga masa yang panjang ini harus diyakini mereka dalam keadaan sehat dan layak terbang," tandasnya.

Sebagai informasi, pemberangkatan calon jamaah haji Indonesia gelombang pertama mulai 12-23 Mei 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: