Kantongi Dukungan Tokoh dan Komunitas, Sudirman Said Maju Pilkada DKI Jakarta 2024

Kantongi Dukungan Tokoh dan Komunitas, Sudirman Said Maju Pilkada DKI Jakarta 2024

Co-Captain Tim Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Sudirman Said.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID - Mantan Co-captain Timnas AMIN, Sudirman Said, telah mendaftarkan diri Ke KPU DKI Jakarta sebagai Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta lewat jalur independen dalam Pilkada mendatang. 

Ia mengungkapkan, keputusannya itu dipengaruhi oleh sejumlah tokoh dan komunitas yang telah lama memintanya untuk mempertimbangkan partisipasinya dalam kontestasi politik di Jawa Tengah maupun di Jakarta.

"Saya menghormati aspirasi mereka," kata Sudirman Said saat dikonfirmasi pada Jumat 10 Mei 2024. 

BACA JUGA:Aturan Pilkada 2024, Mantan Gubernur Dilarang Jadi Cawagub di Daerah yang Sama

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral 2014 hingga 2016 itu juga mengungkapkan bahwa beberapa partai politik telah menghubunginya untuk menanyakan kesediaannya untuk didukung sebagai calon.

"Saya sedang terus mempertimbangkan segala sesuatunya dengan baik, dan pada waktunya saya akan memutuskan," tegasnya.

"Bagi saya, maju atau tidaknya ke Pilkada DKI adalah urusan publik, bukan agenda pribadi saya. Jadi biarkan publik yang mengelola prosesnya," sambungnya.

BACA JUGA:Selain Sudirman Said, Berikut Daftar Calon Independen yang Mantap Maju Pilkada DKI Jakarta 2024

Sebelumnya, Komisioner Bidang Teknis Penyelenggara KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya, mengonfirmasi bahwa Sudirman Said, mantan Co-captain Timnas AMIN, telah menjadi bacalon ketiga yang menghadap ke KPU DKI Jakarta untuk berkonsultasi mengenai pendaftaran calon independen.

"Pertama tim dari Pak Dharma Pongrekun, kedua tim dari Noer Fajrieansyah, kemarin sore kami menerima dari tim Bapak Sudirman Said yang akan daftar jadi bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan," katanya kepada wartawan Jumat, 10 Mei 2024.

Dody menjelaskan bahwa dari tiga pasangan calon yang bersiap untuk mendaftar, dua di antaranya, yaitu Dharma Pongrekun dan Sudirman Said, telah memasuki tahap pengajuan akses Silon. 

BACA JUGA:Jelang Pilkada DKI, Bacagub Zaki Iskandar Gelar Safari Politik

Dengan batas waktu pendaftaran yang akan berakhir pada hari Minggu, 12 Mei pukul 23.59, KPU DKI Jakarta menunggu kelengkapan pendaftaran dari semua pasangan calon sebelum batas akhir tersebut.

"Jadi, tiga dari bakal pasangan calon tersebut, sudah dua yang mengajukan akses Silon, yaitu Pak Dharma Pongrekun dan Pak Sudirman Said sudah mengajukan akses Silon," ungkapnya.

Dody juga menekankan pentingnya kelengkapan berkas dukungan bagi para bakal pasangan calon yang berminat mencalonkan diri sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

"Kami berharap para bakal pasangan calon yang sudah berkonsultasi atau sudah meminta akses Silon untuk segera bisa segera melengkapi," ucapnya.

BACA JUGA:Sri Mulyani Muncul di Bursa Cagub Pilkada Jakarta, Prof Lili Romli: Lebih dari Cukup

Dalam konteks pasangan calon, Dody menjelaskan bahwa baik Dharma Pongrekun maupun Sudirman Said telah mengajukan pendaftaran bersama pasangannya masing-masing. 

"Untuk tim dari Dharma Pongrekun dia sendiri yang akan mengumumkan hari Minggu. Informasinya hari Minggu sore hari akan daftar secara resmi, dengan bakal calon wakil gubernurnya. Sementara pak Sudirman Said dia dengan wakilnya, yaitu Pak Abdullah Mansuri," tutupnya. 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: