Panas! Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Laporkan Anggota Dewas ke Bareskrim Polri

Panas! Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Laporkan Anggota Dewas ke Bareskrim Polri

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron -KPK-

JAKARTA, DISWAY.ID - Kasus dugaan pelanggaran kode etik Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi berbuntut pelaporan polisi. 

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron melaporkan Anggota Dewan Pengawas (Dewas) Albertina Ho ke Bareskrim Polri.

BACA JUGA:Sidang Etik KPK Dengar Pembelaan Nurul Ghufron Hari Ini

BACA JUGA:Nurul Ghufron Yakin Dirinya Tak Melanggar Kode Etik KPK

Berdasarkan dokumen yang diterima Disway, laporan itu teregister dalam LP/B/138/V/2024/SPKT/Bareskrim Polri tanggal 6 Mei 2024 atas nama pelapor Nurul Ghufron.

Nurul Ghufron melaporkan Albertina Ho karena dianggap telah menyalahgunakan wewenangnya terkait penyampaian dugaan pelanggaran etik dirinya kepada insan pers.

"Terjadinya tindak pidana penghinaan dan/atau penyalahgunaan wewenang terkait penyampaian kepada pers tentang pelanggaran etik pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atas nama Nurul Ghufron sudah cukup bukti dan siap disidangkan dan penanganan pemeriksaan pelanggaran kode etik pimpinan KPK terkait dugaan intervensi mutasi ASN Kementan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 310 KUHP dan/atau Pasal 421 KUHP, yang terjadi di Jakarta pada kurun waktu bulan Januari–Mei 2024," tulis surat itu.

Sebagai informasi, laporan ke Dewas KPK menyebut terdapat pimpinan KPK yang melakukan tindakan di luar kewenangan anggota Komisi antirasuah itu. 

Dalam hal ini, Nurul Ghufron diduga terlibat dalam proses mutasi sejumlah pejabat di Kementerian Pertanian. 

Belum ada keterangan lebih lanjut dari pihak kepolisian terkait pelaporan tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: