Hari Waisak 2024, Puan Ajak Masyarakat Tebar Kebajikan dan Pererat Kerukunan

Hari Waisak 2024, Puan Ajak Masyarakat Tebar Kebajikan dan Pererat Kerukunan

Dua Umat Budha Wihara Buddhayana Dharmawira Center ( BDC ) Surabaya melakukan Puja Lilin pada salah satu prosesi perayaan Trisuci Waisak 23 Mei 2024 .Puja Lilin ini melambangkan pengusiran kegelapan atau dibukanya ilmu pengetahuan.-Boy Slamet-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan selamat hari raya waisak.

Puan mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga dan mempererat kerukukan antar-umat beragama.

BACA JUGA:Benny Susetyo: Merayakan Waisak dalam Semangat Pancasila, Meneguhkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa

BACA JUGA:Pelayanan SIM Keliling Di Jakarta Ditiadakan dalam Rangka Libur Hari Raya Waisak, Buka Kembali 24 Mei

“Atas nama DPR RI dan pribadi, saya ucapkan selamat merayakan Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 BE kepada seluruh umat Buddha di Indonesia. Semoga perayaan Hari Waisak mampu menyinari bangsa dan negara ini dengan semangat toleransi,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis, 23 Mei 2024.

Politisi PDIP ini mengatakan Waisak dapat dijadikan momen untuk menebar kasih kepada seluruh makhluk hidup.

“Banyak sekali kebajikan dari Buddha Gautama yang dapat menjadi inspirasi, termasuk bagaimana untuk mencapai kebahagiaan, semua makhluk di dunia harus terbebas dari keserakahan dan kebencian,” tutur perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

BACA JUGA:Jelang Libur Panjang Hari Raya Waisak, Kemenhub Siapkan Antisipasi Pergerakan Masyarakat

Dia juga menilai perbedaan yang ada di Indonesia harus dilihat dari paradigma yang positif sebab keragaman dapat menjadi modal pembangunan bangsa.

"Di bawah bingkai Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia terus mengukuhkan jati dirinya. Itulah yang membuat Indonesia memiliki keistimewaan. Bahwa meski berbeda-beda, Indonesia tetap satu. Berbeda itu indah saat masyarakat bisa hidup dengan harmoni," tuturnya.

Lebih lanjut, Puan meminta Pemerintah dan pihak keamanaan memastikan kelancaran peribadatan umat Buddha menyambut detik-detik Waisak yang akan dipusatkan di Candi Borobudur. Proses ibadah umat Buddha juga berlangsung di sejumlah candi buddhis lainnya di Indonesia seperti di Candi Sewu, Candi Muara Takus, Candi Muara Jambi, dan Candi Sojiwan.

BACA JUGA:Mulai Besok! Ganjil Genap Jakarta 23-24 Mei 2024 Ditiadakan saat Hari Raya Waisak

BACA JUGA:KAI Operasikan 1.500 KA Sambut Libur Panjang Waisak

“Pastikan umat Buddha dapat melangsungkan perayaan Waisak dengan baik. Apalagi di Candi Borobudur sebagian umat Buddha yang hadir berasal dari negara lain. Kita harapkan setiap prosesi ibadat dapat berjalan lancar,” ucap Puan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: