Haji Ramah Lansia Bukan Sekadar Slogan, Ini Faktanya

Haji Ramah Lansia Bukan Sekadar Slogan, Ini Faktanya

Kepala Daerah Kerja Makkah PPIH Arab Saudi Khalilurrahman menyambut jamaah lansia. --Media Center Haji

MADINAH, DISWAY.ID – Haji Ramah Lansia merupakan tagline Kementerian Agama sejak tahun lalu dan diteruskan pada musim Haji 2024. Bahkan di lengan kiri seragam petugas Haji juga ada emblem Haji Ramah Lansia.

Tagline itu didasarkan pada kenyataan bahwa tahun ini ada 45 ribu jamaah haji yang masuk kategori lansia. Persentasenya hampir 21 persen dari total jamaah haji. Jamaah haji tertua usianya 109 tahun yakni Harjo Mislan dari Ponorogo. 


Jamaah haji lansia didorong di atas kursi roda oleh Kepala Daker Makkah Khalilurrahman. --Media Center Haji

Lansia ini juga dikategorikan lagi. Pertama, lansia mandiri. Kedua, lansia dengan penyakit penyerta tapi masih dapat melakukan aktivitas harian secara mandiri. Ketiga, lansia yang memerlukan bantuan orang lain saat beraktivitas harian di luar. Keempat, lansia yang memerlukan bantuan orang lain saat beraktivitas di dalam maupun luar kamar.

BACA JUGA:Pasutri Naik Haji Beda Kloter, Bertemu di Gerbang Romantis Masjid Nabawi

BACA JUGA:Banyak Keluhan dari Jemaah Haji, Kemenhub Layangkan Surat Teguran ke Garuda Indonesia, Ini Isi Tuntutannya

Haji Ramah Lansia adalah ikhtiar Kemenag untuk melayani jamaah haji lansia. Apa saja yang dilakukan?

Istithaah Kesehatan

Sejak di tanah air, ikhtiar sudah dilakukan. Mulai tahun ini, isthitaah kesehatan dilakukan sebelum pelunasan biaya haji.  

"Sebelum melunasi Bipih, jamaah harus memeriksakan kesehatan terlebih dahulu. Jika memenuhi syarat istithaah, boleh melunasi. Ini ikhtiar memastikan jamaah yang akan berangkat sehat, meski secara kategori umur adalah lansia," ujar Juru Bicara Kemenag Anna Hasbie 

"Alhamdulillah kebijakan ini berjalan. Jemaah melakukan pelunasan hingga seluruh kuota terpenuhi. Bahkan, banyak juga yang masuk kuota cadangan," sambungnya.

Petugas Layanan Lansia

Dalam struktur Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) ada bidang layanan lansia. Petugas di bagian ini maksimal berusia 45 tahun. Mereka tergabung dalam petugas Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (PKP3JH) dan Layanan Disabilitas. 

"Dalam memberikan layanan jamaah haji Indonesia, mereka bekerja sama dengan petugas sektor pemondokan jamaah dan juga petugas sektor Masjid Nabawi dan Masjidilharam,” ucap Anna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: