Haji Ramah Lansia Bukan Sekadar Slogan, Ini Faktanya

Haji Ramah Lansia Bukan Sekadar Slogan, Ini Faktanya

Kepala Daerah Kerja Makkah PPIH Arab Saudi Khalilurrahman menyambut jamaah lansia. --Media Center Haji


Jamaah haji lansia dibantu petugas untuk naik ke bus di Madinah. --Media Center Haji

Bimbingan Manasik Lansia

Kemenag juga membuat kurikulum manasik haji khusus untuk lansia. "Manasik juga didesain untuk menumbuhkan kepedulian sesama jamaah, khususnya kepada lansia," kata Anna.  

Kelompoj Bimbingan Inadah Haji dan Umrah (KBIHU) juga diminta mematuhi aturan terkait layanan jamaah lansia, utamanya dalam aspek penyelenggaraan ibadah agar disesuaikan dengan kondisi fisik dan kesehatan lansia,, 

Pengkloteran

Dalam membagi kloter, disusun dengan mempertimbangkan komposisi jamaah lansia dan non lansia. Pengaturan juga dilakukan hingga tempat duduk di pesawat saat penyusunan manifest penerbangan. 

"Lansia diprioritaskan duduk di kelas bisnis dan atau di dekat pintu untuk memudahkan evakuasi," kata Anna.


Jamaah lansia di Madinah dibantu petugas menuju bus. --Media Center Haji

Persingkat Seremoni

Kementerian agama telah menerbitkan surat edaran kepada kepala Kemenag di provinsi maupun kabupaten/kota, PPIH Ermbarkasi, dan PPIH Arab Saudi. Surat edaran itu mengatur bahwa seremoni kedatangan dan keberangkatan jamaah haji harus tingkat.  

“Lansia harus menjadi prioritas. Jadi tahun ini tidak ada lagi pidato berkepanjangan saat seremoni keberangkatan dan kedatangan," tutur Anna.

Waktu untuk seremoni pelepasan dan penyambutan juga diatur maksimal 30 menit. Sambutan juga maksimal 2 orang. Jamaah haji lansia juga disarankan tidak mengikuti seremoni pelepasan atau penyambutan jamaah.

Layanan Asrama Haji

Asrama haji di seluruh Indonesia harus memiliki layanan ramah lansia. Upayanya antara lain 1) menyediakan alat bantu berjalan bagi lansia; 2) menyediakan dokter geriatri, psikiater, dan tenaga medis lainnya; 3) menyiapkan kamar khusus lansia di lantai bawah; dan 4) menyediakan kendaraan khusus untuk memudahkan mobilitas kegiatan lansia dari aula ke kamar.

Layanan Arab Saudi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: